28.1 C
Jakarta
Friday, February 26, 2021

Inilah Bacaan Doa Untuk Ibu Bapak Atau Orang Tua Lengkap dengan Artinya

Must Read

Buah Tragedi Satu Abad Tanpa Khilafah, Institusi Keluarga dalam Belenggu Penjajah

Buah Tragedi Satu Abad Tanpa Khilafah, Institusi Keluarga dalam Belenggu Penjajah Oleh : Fani Ratu Rahmani (Aktivis dakwah dan Pendidik) Sebagai...

Luluh Hati Dengan Kesantunan Nabi

Angin gurun yang gersang menjadikan udara Madinah mulai sejuk. Abu Abbas r.a seorang sahabat setia Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam...

Bagaimana Hukum Pacaran Beda Agama Menurut Islam?

Pacaran Beda Agama Menurut Islam - Cinta memang memang unik, bisa bikin bahagia meski didera rindu yang kata Dylan...




Bacaan Doa Untuk Ibu dan Bapak/Orang Tua Lengkap Beserta Latin Dan Terjemahnya

Doa Ibu Bapak – Orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita adalah Ibu dan Bapak atau orang tua. Mereka merawat dan mendidik kita sejak kita lahir sampai usia dewasa dengan penuh kasih sayang. Dan mereka pun tak mengharapkan imbalan dari kita sebagai anaknya. Bagaimana jadinya kalau tanpa peran mereka? Orang tua kita mendidik dengan cinta dan kasih sayang yang tulus, bahkan rela berkorban demi kita.

Oleh sebab itu, janganlah kita membuat mereka susah, janganlah membuat mereka kecewa dan marah, karena pada dasarnya keridhaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala tergantung pada keridhaan orang tua kita. Kalau orang tua kita marah dan murka pada kita, sudah pasti Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga murka pada kita. Sayangilah dan hormatilah Ibu dan Bapak, jangan sakiti hati mereka dengan kedurhakaan kita.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Keridhaan Allah Ta’ala itu tergantung bagaimana keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah juga tergantung pada kemurkaan orang tua” (H.R Tabrani)

Hadits tersebut secara gamblang menjelaskan tentang keridhaan dan kemurkaan Allah tergantung pada orang tua kita. Jangan sampai kita membuat orang tua murka pada kita.

Meskipun ibu bapak kita tak pernah meminta imbalan atas jasa-jasanya kepada kita sebagai anaknya, tapi kita berkewajiban untuk menghormati, menyayangi dan mencintai mereka. Kita tak akan pernah mampu membalas jasa-jasa orang tua kita.

Seorang anak yang berbakti pada orang tua mestinya selalu mendoakan mereka, baik ketika masih hidup di dunia atau sudah tiada (meninggal dunia). Dan inilah bacaan doa untuk ibu bapak lengkap dengan artinya sebagai berikut :

Bacaan Doa Untuk Ibu Bapak 
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangiku diwaktu kecil”

Dan doa supaya kedua orang tua diberikan ampunan adalah sebagai berikut.

Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Ibu Bapak
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Demikianlah lafadz doa untuk Ibu Bapak dan doa memohon ampunan untuk mereka, kita punya kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua (Birrul Walidain), dan jangan sampai kita menyakiti hati mereka berdua. Dan inilah hal-hal yang bisa kita lakukan dalam rangka birrul walidain :

– Sopan dan hormat terhadap ibu bapak kita.
– Selalu mematuhi perintah ibu bapak kita selama tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam.
– Jangan sampai berkata kasar terhadap ibu bapak/orang tua kita
– Berkewajiban mengikuti nasihat atau arahan dari orang tua. Jika kita mendapat teguran dari orang tua, itu pertanda bahwa mereka tidak ridha atas perbuatan kita. Ingat! Ridha Allah tergantung ridha orang tua.
– Selalu membantu pekerjaan orang tua dalam kegiatan sehari-hari.
– Kita wajib menjaga nama baik ibu bapak kita dengan cara selalu beramal sholeh dan menjauhi kemaksiatan.
– Jagalah orang tua hingga di usia senja mereka.
– Jika orang tua sudah meninggal dunia, yang wajib kita lakukan adalah ;
a. Melaksanakan nasihat orang tua yang pernah diberikan ketika masih hidup
b. Menjaga nama baik orang tua.
c. Senantiasa mendoakan orang tua (ibu bapak) agar dosanya diampuni dan dilapangkan kuburnya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa, “Telah datang seorang laki-laki (kepada Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam) kemudian bertanya: “Wahai Rasulullah, masih adakah kebaikan yang dapat saya lakukan untuk ibu bapak sesudah meninggalnya mereka? Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: ”Na’am. Yaitu menyolati (jenazah) mereka, memohonkan ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menyempurnakan janji mereka, memuliakan sahabat mereka, dan jalin silaturahim dengan orang yang bertalian dengan mereka (kedua orang tua).” (HR. Abu Daud)

Demikianlah lafadz doa untuk ibu bapak kita, disertai cara birrul walidain. Semoga Allah Ta’ala, senantiasa melindungi, mengasihi dan mengampuni segala dosa-dosa kedua orang tua kita. Aamiin…..

0
0
vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
- Advertisement -

Latest News

Buah Tragedi Satu Abad Tanpa Khilafah, Institusi Keluarga dalam Belenggu Penjajah

Buah Tragedi Satu Abad Tanpa Khilafah, Institusi Keluarga dalam Belenggu Penjajah Oleh : Fani Ratu Rahmani (Aktivis dakwah dan Pendidik) Sebagai...

More Articles Like This

0 0 vote
Article Rating
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x