33.8 C
Jakarta
Thursday, November 26, 2020

Kisah Nabi Zakariya Mendapatkan Anak Saat Berumur 100 Tahun

Must Read

Dijemput Petugas Medis, Satu Guru Honorer Warga Ledug Banyumas Positif Covid-19

BANYUMAS – Seseorang warga Desa Ledug, Kecamatan Kembaran dijemput petugas medis. Penderita laki- laki berumur 36 tahun ini dijemput...

Murid SD Panambangan Cilongok Dibubarkan Saat Pelajaran Sedang Berlangsung

PURWOKERTO – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN Panambamgan pada Senin (23/ 11) pagi masih berjalan. Sesuai instruksi Bupati...

Apa itu Ghibah?

Hati-hati nih, musim pemilu musim ghibah ya? Saya juga harus ekstra waspada nih. Ghibah kan tidak harus lewat mulut....




Kita bahas kisah yang unik sekali dalam Alquran, kisah Nabi Zakaria Alaihissalam ini kisah unik luar biasa teman-teman sekalian.

Nabi Zakaria Alaihissalam ini menikah umur 30 tahun istrinya 20 tahun waktu menikah, ternyata istri Nabi Zakaria mandul, nggak punya gak bisa punya anak. Nabi Zakaria Alaihissalam berdoa kepada Allah, dari awal nikah minta dikasih anak dari perempuan ini.

10 tahun pertama belum dikasih, 10 tahun kedua belum dikasih, 10 tahun ketiga belum dikasih, antum tahu kapan Nabi Zakaria dikasih? setelah 70 tahun berdoa, umur Nabi Zakaria 100 tahun umur istrinya 90 tahun, mandul lagi.

Sudah nenek-nenek sekarang mandul, maka pada saat itu Allah kasih, untuk menjadi pelajaran buat kita Allah itu Maha Mendengar, Maha Mengetahui, jangan putus asa, kita renungi ayatnya, surah Maryam surah nomor 19 ayat 1 sampai ayat 10.

Audzubillahi Minasyaitan Nirrajim. ۚ كۤهٰيٰعۤصۤ ini huruf-huruf terputus di awal Alquran hanya Allah yang tahu artinya atau nama lain surah itu, bisa Surah Maryam atau Surat Kaf Ha Ya Ain Shod ۚ ذِكْرُ رَحْمَتِ رَبِّكَ عَبْدَهٗ زَكَرِيَّا Coba kalian merenungi, mengikuti kisah hambaNya Allah, Zakaria.

Apa yang dilakukan Zakaria? اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ نِدَاۤءً خَفِيًّا Pada saat ia berdoa kepada Tuhannya. doa sembunyi-sembunyi, kata ulama tafsir dikuatkan dengan sebuah riwayat kalau Nabi Zakaria, ayat ini menceritakan keadaan Nabi Zakaria waktu umurnya sudah 100 tahun,

Sudah 100 tahun dia berdoa, Ya Allah karuniakan saya anak dari istri saya yang ini yang 90 tahun yang mandul ini, maka dia sembunyi-sembunyi karena khawatir kalau kaumnya tahu, kaumnya bilang Zakaria gila nih apa doanya? Wahai Tuhanku قَالَ رَبِّ اِنِّيْ وَهَنَ الْعَظْمُ مِنِّيْ sesungguhnya tulang-tulangku sudah lemah, 100 tahun pada saat itu وَاشْتَعَلَ الرَّأْسُ شَيْبًا وَّلَمْ اَكُنْۢ بِدُعَاۤىِٕكَ رَبِّ شَقِيًّا Rambutku sudah putih semua tapi saya tidak pernah putus asa berdoa kepadaMu Ya Allah tetap saya akan minta, karena ini ibadah saya lakukan. وَاِنِّيْ خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِنْ وَّرَاۤءِيْ dan saya takut nanti kalau saya meninggal tidak ada penerus, tidak ada yang melanjutkan risalah kenabian وَكَانَتِ امْرَاَتِيْ عَاقِرًا Kendala utamaku, istriku itu mandul. فَهَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّا tapi Ya Allah dari istri mandul ini kasih aku anak, kata Nabi Zakaria masih berlanjut يَّرِثُنِيْ وَيَرِثُ مِنْ اٰلِ يَعْقُوْبَ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا agar anak itu dapat mewarisi aku dan mewarisi juga semua yang dibawa oleh keluarga Nabi Yaqub Alaihissalam Ya’qub nama lainnya Israil.

Bani Israil keturunan Nabi Ya’qub, semua nabi-nabi ini termasuk Nabi Zakaria adalah keturunan Bani Israil dan jadikan anak itu Hai Tuhanku adalah anak yang baik. teman-teman sekalian perlu digaris-bawahi satu hal sebelum saya lanjutkan ayat sisanya, kalau kita minta, doa kepada Allah yang Maha pemurah teman-teman, kalau kita minta kepada Allah yang Maha Pemurah, kalau kita minta sesuatu pastikan Antum sabar dari garis start, sampai garis finish, jangan buru-buru teman-teman sekalian ya.

Kalau Antum sudah mengatakan Allahumma atau Ya Robbi, Ya Allah apa saja kalau Antum sudah ucapkan kata ulama Antum sudah buka garis start dan itu berarti sudah ada garis finish nya. Antum tinggal lari saja sampai ke finish nanti itu, asal syarat terpenuhi Antum akan sampai di situ.

Ini sudah jelas makanya harus terus. ini pelajaran dari Nabi Zakaria Alaihissalam setelah berdoa dan ingat teman-teman kalau kita sudah berdoa, kalau kita minta satu Allah tidak akan kasih satu, tapi Allah akan kasih plus plus plus plus plus asal Antum sabar sampai garis finish.

Perhatikan Nabi Zakaria, Nabi Zakaria teman-teman hanya minta anak saja dan anak itu Rodhiyya, anak sholeh, laki-laki kah shaleh atau perempuan sholehah. Kenapa kita bilang begini temen-temen, karena Nabi Zakaria ini adalah pamannya Maryam, ibunya Nabi Isa. waktu Nabi Zakaria masuk ke rumahnya Maryam, Maryam punya Mihrab, Maryam wanita yang suci, sucinya maryam itu dalam surah ini diceritakan teman-teman, nggak pernah ketemu laki-laki yang bukan mahramnya ,nggak pernah ketemu kecuali yang dilihat dari jauh dan tidak pernah ngomong sama laki-laki lain sama sekali di rumahnya di mihrabnya.

Maka waktu Nabi Zakaria masuk, Nabi Zakaria lihat di mihrabnya ada buah-buahan, ada makanan, yang tidak ada di negeri Palentine pada tadi itu, Apa Nabi Zakaria bilang? dari mana kau dapat ini semua Hai Maryam? kata Maryam,ini dari sisi Allah, Allah berikan kepada siapapun yang Dia inginkan, maka pada saat itu Allah mengatakan, pada saat itu Zakaria minta sama Tuhan nya.

Jadi di sini Nabi Zakaria teman-teman tidak minta nama laki-laki, laki-laki oke saya terima yang penting sholeh, perempuan oke yang penting sholehah waktu sudah berumur 100 tahun Jibril datang mengatakan يٰزَكَرِيَّآ اِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلٰمِ ِۨاسْمُهٗ يَحْيٰىۙ لَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا Nabi Zakaria meminta anak, karena dia sabar sampai garis finish tetap berdoa sampai Allah kasih, maka Allah kasih plus plus plus plus nya apa di sini kata Allah, Jibril berkata kami memberitahukan berita gembira kepada mu, kau akan dapat anak ghulam itu anak laki-laki, difokus, anak laki-laki, teman-teman membawa nasab orang tuanya menikah pun tetap membawa namanya dia anak laki-laki berarti ini plus pertama, yang kedua ِۨاسْمُهٗ يَحْيٰىۙ Allah kasih nama dari langit Yahya, kata Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan belum pernah ada orang namanya Yahya sebelumnya ini plus yang kedua ya, baik simpan dulu nanti akan kita kuatkan dengan ayat lain.

Nabi Zakaria waktu itu teman-teman, kaget, ini plusnya baru 2 ya, nanti ada plus yang lain kita baca di ayat lain Kita lanjutin dulu surah ini, kata Nabi Zakaria waktu Jibril dibilang begitu dia bilang, dia juga kaget, 70 tahun berdoa baru dapat lalu dia mengatakan Wahai Tuhanku wahai Jibril sampaikan sama Allah, Hai Tuhanku bagaimana bisa aku punya anak laki-laki? اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ غُلٰمٌ وَّكَانَتِ امْرَاَتِيْ عَاقِرًا ? sementara kendala pertama istriku mandul.وَّقَدْ بَلَغْتُ مِنَ الْكِبَرِ عِتِيًّا Sementara saya sudah sangat tua, 100 tahun. maka kata Jibril قَالَ رَبُّكَ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ begitulah Hai Zakaria Tuhanmu berfirman itu mudah untukKu وَّقَدْ خَلَقْتُكَ مِنْ قَبْلُ وَلَمْ تَكُ شَيْـًٔا Aku ciptakan kau dari sebelumnya dari sesuatu yang tidak ada kau juga dari sperma tidak ada apa-apanya. lalu dia penasaran dia mengatakan قَالَ رَبِّ اجْعَلْ لِّيْٓ اٰيَةً Wahai Tuhanku kalau begitu aku gembira berikan aku tanda-tanda kalau istriku hamil.

Kita kan biasanya teman-teman manusia normal kalau kita tahu istri kita hamil mungkin ngidam muntah muntah perut yang membesar Nabi Zakaria nggak mau itu, dia minta Ya Allah, begitu istri saya hamil langsung saya tahu sebelum besar perutnya sebelum muntah-muntah saya sudah tahu kalau dia hamil berikan tanda-tanda Ya Allah apa kata Jibril dari Allah قَالَ اٰيَتُكَ اَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلٰثَ لَيَالٍ سَوِيًّا tanda-tanda kalau istri hamil, nanti tiba-tiba suaramu jadi hilang nggak bisa ngomong 3 hari, jadi Nabi Zakaria tahu istrinya hamil pada saat dia mau ngomong hilang suaranya, itu tanda-tandanya.

Baik itu teman-teman dalam Surah Maryam kita sekarang pindah di surah yang lain Al-Anbiya melanjutkan kisah Nabi Zakaria surah Al-Anbiya surat ke 21 ayat 89 sampai 90 bunyinya Audzubillahiminasyaitonirrojim ۚ وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ Dan ingat ketika Zakaria memanggil Tuhannya, Ya Tuhanku jangan engkau biarkan aku sendiri hidup tanpa ada keturunan, tanpa ada pewaris maka Allah mengatakan Kami terima permintaan nya dia setelah 100 tahun apa yang terjadi? Kami karuniakan buat dia Yahya ini sudah tadi sudah plus ya namanya Yahya, plus yang ketiga sekarang dikatakan dan kami perbaiki keadaan istrinya mandul, bisa hamil, tua bisa kuat.

Kemudian kata sebagian ulama tafsir, istri Nabi Zakaria pemarah emosional, jadi baik, Allah perbaiki, plus-plusnya banyak udah mulai ada plus 3 teman-teman, lalu dikatakan dan kami perbaiki keadaan istrinya, ini plus yang ketiga jadi kalau antum punya istri yang cerewet atau suami yang cerewet bilang Aslighli Zaujati kalau perempuan, laki-laki doain istrinya kalau perempuan doain, Aslighli Zauji perbaiki keadaan Suamiku lalu kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebab Kami bisa memberikan mereka, karena mereka berlomba-lomba dalam kebaikan dan selalu berdoa kepada Kami dengan perasaan yang semangat, semangat tidak mudah putus asa dan takut takut akan azabNya Allah takut gak diijabah, terus gitu dan dia sangat khusyuk, mereka khusyuk kepada kami.

Khusyuk artinya konsentrasi Dalil yang terakhir teman-teman surah Ali Imran, tetap kisah Nabi Zakaria surah Ali Imran surah nomor 3 ayat 38 sampai 41 bunyinya Audzubillahiminasyaitonirrojim ۚ هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ pada saat sudah lihat Maryam tadi dapat buah-buahan macam-macam Zakaria berdoa kepada Tuhannya ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً Wahai Tuhanku karuaniakan aku dari sisiMu keturunan yang baik. اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ Kau selalu mendengar doa-doa hambaMu maka malaikat pun memanggil Zakaria.

Pada saat Nabi Zakaria sedang salat di Mihrabnya, Bahwasanya Allah akan berikan kau anak Namanya Yahya ini kan tadi plus ya, anak laki-laki namanya Yahya, diperbaiki keadaan istrinya sudah 3 plus, kita dengar sekarang plus-plus tambahannya plus yang keempat teman-teman dikatakan ini Yahya nanti kalau besar dia menjadi orang yang mempercayai Allah, plus yang kelima teman-teman dan akan menjadi tuan, menjadi raja dan menjadi nabi dari orang yang saleh, plus plus plus plus banyak minta satu dikasih banyak, asal sabar sampai garis finish saja.

Ini penting teman-teman sekalian, lalu kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala Nabi Zakaria kembali mengulangi hampir sama dengan Surah Maryam Hai Tuhanku bagaimana aku bisa punya anak laki-laki sementara aku sudah sangat tua dan istriku mandul.

Jibril berkata begitulah Allah melakukan apa yang Dia inginkan, lalu Dia mengatakan Wahai Tuhanku, jadikan tanda-tanda untukku kalau saya tahu istri saya hamil lalu kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala tanda-tanda mu kalau istrimu hamil pada saat itu kalau istrimu hamil tiba-tiba kau tidak bisa ngomong sama orang selama 3 malam 3 hari, ayat tadi Maryam cuma tiga hari, ini tiga malam 3 hari, kecuali isyarat, kau hanya bisa berikan isyarat kepada orang, lalu kata Allah penutupan ayat dan ingatlah Tuhanmu selalu Zakaria dan bertasbihlah kepadaNya di pagi dan sore hari, kata ulama kalau Nabi Zakaria mau berdzikir keluar suaranya kalau tidak kalau ngomong yang hilang suaranya pada saat itu 3 hari ini teman-teman sekalian dalam kisah Nabi Zakaria ini teman-teman sekalian dalam kisah Nabi Zakaria

Sumber : Ceramah Ust. Khalid Basalamah

0
0
vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
- Advertisement -

Latest News

Dijemput Petugas Medis, Satu Guru Honorer Warga Ledug Banyumas Positif Covid-19

BANYUMAS – Seseorang warga Desa Ledug, Kecamatan Kembaran dijemput petugas medis. Penderita laki- laki berumur 36 tahun ini dijemput...

Murid SD Panambangan Cilongok Dibubarkan Saat Pelajaran Sedang Berlangsung

PURWOKERTO – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN Panambamgan pada Senin (23/ 11) pagi masih berjalan. Sesuai instruksi Bupati Banyumas, PTM oleh sekolah- sekolah...

Apa itu Ghibah?

Hati-hati nih, musim pemilu musim ghibah ya? Saya juga harus ekstra waspada nih. Ghibah kan tidak harus lewat mulut. Tapi bisa lewat BBM, Whatsapp,...

Rezeki Titipan Allah – AA Gym

Yang pertama, Surat Hud ayat 6, وَمَا مِنۡ دَآ بَّةٍ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزۡقُهَا وَ يَعۡلَمُ مُسۡتَقَرَّهَا وَمُسۡتَوۡدَعَهَا‌ؕ كُلٌّ فِىۡ كِتٰبٍ مُّبِيۡ Dan tidak...

Ustadz Adi Hidayat, LC., MA : Ini Kisah Nyata! Tentang Kematian Seorang Pramugari

Ada pramugari Saat saya ke Bekasi, lalu dia mencoba hijrah. Dia mulai bergabung dengan pengajian. Dia bertemu teman karena Allah (Lillah) pada pertemuan pengajian...

More Articles Like This

0 0 vote
Article Rating
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x