Serial Waktu Mustajab Untuk Berdoa (Part 1)

0
136
mustajab

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamu’alaikum warroh matullahi wabarokatuh..

Part 1. Serial waktu mustajab untuk berdoa.

Sebagai seorang manusia, tentunya kita selalu dihadapkan dengan sejuta permasalahan hidup. Akan tetapi, kita sebagai umat muslim, umat beragama islam, mempunyai cara spesial untuk menyikapi permasalahan hidup yang telah diperintahkan Allah. Kira-kira paakah dan bagaimanakah cara spesial itu ?

Qs. Al-Baqarah : 45

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya : “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Ya!
Sabar dan shalat.
Berdasarkan surat Al-Baqarah diatas, kitabisa mengambil pelajaran. Bahwa, kunci dari segala masalah, bukanlah ketika kita mempunyai jabatan yang tinggi, maka urusan pekerjaan akan cepat beres. Bukan itu !
Bukan juga, ketika kita dekat dengan dosen, maka urusan perkuliahan akan cepat kelar.
Bukan yang seperti itu..

Akan tetapi, kunci dari segala permasalahn hidup ini ialah kita hanya perlu mengambil air wudhu, menggelas sajadah, dam mulailah berdiskusi, bercerita, dan kemudian menengadahkan kedua tangan indah pemberian Allah ini untuk berdoa. Inilah hal spesial yang bisa dilakukan oleh semua pengikut Rosul Allah, bisa dilakukan oleh semua orang beragama isla. Tanpa biaya, tanpa bersusah payah, dan insyaallah cerita kita pasti Allah dengar. Apapun masalahnya, percayalah bahwa Al-Quran adalah petunjuk Allah yang paling benar, Maka marilah lakukan firman Allah di Surat Al-Baqarah ono. Karna Al-Quran [ula-lah Asy-Syifa, sang penyembuh. Tak terkecuali penyembuh segala permasalahan hidup ini.

Selanjutnya, Allah adalah maha pendengar. Yang pasti mendengar semua permasalahn dan doa-doa hambanya. Tanpa terkecuali. Masyaallah.
Allah selalu mendengarkan doa kita. Selama kita hidup didunia ini, kita mempunyai waktu 24 jam lamanya dalam satu hari. Namun, waktu 24 jam yang kita punya ini alangkah baiknya jika tidak berlalu dengan begitu saja tanpa hal yang baik-baik. Waktu yang Allah berikan pada kita semua, tidak ada yang berbeda, semua orang mempunyai waktu 24 jam. Dan waktu inilah terdapat beberapa moment-moment dimana disitulan waktu mustajab untuk berdoa. Disaat itu, Allah menanti kepingan doa-doa kita dan Insyaallah saat itulah doa akan Allah kabulkan. Siapakah yang akan menolak bahwa doanya akan di ijabah Allah ?
Siapa yang tidak mau keinginann dan doanya diwujudkan oleh Allah yang Maha Esa?
Siapa?
Tentu tudak ada, semua muslim didunia pasti menggunakan waktu-waktu ini untuk berdoa,
Jadi… Kapan saja waktu mustajab itu ?

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Waktu-Mustajab-Berdoa
Waktu-Mustajab-Berdoa

1. Ketika Turun Hujan
Mengenai waktu ini, sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, tentang “Meraih Berkah Dikala Hujan”.
Bagaimana cara berdoanya ? SIlahkan kunjungi dan baca pada artikel berikut >>>> https://www.wahidnews.com/2019/09/keberkahan-dalam-hujan.html

2. Saat Berpuasa
Tentu saja kita semua sudah sama-sama memahami bahwa diwaktu inilah moment penting kita untuk memanjatkan doa. Sesuai hadist dibawah ini :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;
“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.”
(HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)
Terdapat hadist lainnya yang menyatakan bahwa waktu mustajab untuk berdoa yaitu saat kita sedang berpuasa,
“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak akan ditolak ketika berbuka.” [HR. Ibnu Majah).
Meski menahan lapar dan dahaga, tetapi waktu yang kita lalui ini sangat berkah dan mustajab jika kita menghadirkan doa-doa didalamnya. Jangan sampai terlewatkan dan segala keinginan serta hajat kita dihadapan Allah, dengan doa yang mempunyai kekuatan yang besar.

3. Diwaktu Sahur
Sahur merupakan salah satu sunah yang menyertai ibadah puasa dibulan Ramadhan. Meski sunah, waktu sahur merupakan salah satu waktu yang sangat istimewa. Karna diwaktu sahur juga, Allah datang untuk mendengarkan segala doa-doa kita. Mungkin diwaktu-waktu sahur orang lain masih berlayar dalam mimpi mereka, tetapi jangan sampai dalam waktu satu bulan lamanya kita sama sekali tidak memanjatkan doa diwaktu ini. Karena Allah hadir dan selalu menghampiri segala doa-doa kita.

Semoga kita lebih bijak dalam menggunakan waktu dan semoga kita lebih bijak dalam menjalani hari semasa hidup kita didunia. Agar waktu yang Allah berikan kepada kita tidak berlalu begitu saja. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin.

See You On Waktu Mustajab Untuk Berdoa Part2.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments