Terungkap, Ternyata Masker Kain Cukup Efisien Tangkal Corona

0
330
masker kain

Wahidnews.com – Seluruh dunia sedang dilanda bencana dengan mewabahnya Virus Corona atau COVID-19, yang oleh World Health Organization (WHO) dinyatakan sebagai pandemi global. Dengan munculnya epidemi ini, praktis membuat harga alat kesehatan berstandar medis melambung tinggi. Bukan hanya harga yang makin tidak wajar, untuk mendapatkan alat itu pun sangat sulit karena langkanya persediaan alat kesehatan di pasaran, lantaran banyak orang memborongnya. Banyak orang memborong alat kesehatan itu karena rasa panik dan khawatir akan ketularan virus Corona.

Diantara alat kesehatan yang saat ini susah dijumpai di pasaran adalah masker standar medis. Padahal biasanya benda ini dijual sangat murah ketika wabah virus Corona belum mewabah seperti sekarang ini. Dan dulu juga sangat mudah untuk mendapatkan masker standar medis. Banyak apotik dan toko-toko menyediakannya.

Namun jangan khawatir apalagi panik berlebihan, seandainya anda tidak kebagian masker standar medis, anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari kain. Karena ternyata masker yang terbuat dari kain pun sudah cukup untuk menangkal corona.

Menurut Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof dr Pumawan, masker yang terbuat dari kain justru lebih efisien ketimbang masker standar medis.

Sebab, masker yang terbuat dari kain bisa dipakai berulang-ulang karena bisa dicuci. Sedangkan masker standar medis hanya sekali pakai dan langsung dibuang.

dr Pumawan dalam acara Konferensi Pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (29/03/2020), menyampaikan bahwa, hal itu merupakan peluang buat para penjual online untuk membuat dan menjual masker yang terbuat dari kain. Masker dari kain sudah cukup untuk menangkal Virus Corona, karena covid-19 penularannya bukan lewat udara, melainkan dari droplet. Masker yang terbuat dari kain ketika di rumah bisa dicuci, dan besok bisa ganti lagi dengan masker yang sudah bersih.

Sebelumnya dikabarkan bahwa, jumlah orang yang terpapar virus corona terus bertambah. Bahkan berdasarkan data terbaru, pada hari sabtu, 28 Maret 2020, yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah sebanyak 109. Sehingga, orang yang terinfeksi virus Corona total 1.155 orang.

Namun alhamdulillah jumlah pasien yang sembuh bertambah menjadi 13 orang, sehingga total menjadi 59 orang. Sementara itu, jumlah kematian juga bertambah 15 orang. Jumlah keseluruhan orang yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona ini menjadi 102 orang.

 

Sumber : viva

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments