Keberkahan Dalam Hujan

0
134
hujan berkah

Assalamu’alaikum Warrah matullahi wabarokatuh..

Mungkin di belahan bumi lain sedang mengalami musim hujan yang tinggi, sering, bahkan sampai warga berkata “Hujan lagi.. Hujan lagi..” Atau “Jemuran ngga kering-kering.. Hujan terus si.” Atau banyak pedagang pelembut dan pewangi pakaian yang laris diborong lantaran keluhan ibu-ibu yang jemuran mereka lama keringnya karena hujan. Sungguh nikmat mana lagi yang mereka dustakan.

Keberkahan_Dalam_Hujan
Keberkahan_Dalam_Hujan

Padahal..
Mungkin juga dibelahan bumi lain sedang menanti hujan. Berbahagia ketika mendung datang. Bersuka ria ketika pagi sudah gelap saja. Dan bersyukur ketika rintik kecil hujan jatuh dari langit. Tapi akan mengerut senyum ketika matahari datang dengan gagah bersama terik dan panasnya. Sungguh nikmat mana lagi yang mereka dutakan. Seperti kota ini. Kabupaten ini. Meski dekat dengan gunung slamet dan udara sepoi membuat dingin. Tapi para petani masih resah gelisah menanti datangnya hujan.

Ya. Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas sedang menanti kedatangan sang pembawa berkah penumbuh dan penyubur tanah. Yaitu hujan. Sudah berbolak balik tangki tangki air mengirim dan membawa kebutuhan penting mengantre dan menyesaki lalu lintas kota Purwokerto untuk mendatangkan berkah air ini ke dalam pelosok-pelosok desa di daerah Banyumas. Tak hanya pelosok desa, pusat kotapun ada yang mengalami krisis air ini. Sungguh nikmat dan berkah hujan ini sangat dinanti.

Meraih_Berkah_Ketika_Hujan
Meraih_Berkah_Ketika_Hujan

Allah SWT berfirman dalam QS. Qaf Ayat Ke 50, yang artinya “Dan dari langit kami turunkan air yang memberi berkah. lalu kami tumbuhkan dengan air itu pepohonan yang rindang dan biji-biji yang dapat di panen.”
Sungguh nikmat Allah sangat besar dan agung. Yang perlu dan wajib kita lakukan ialah tetap percaya dan jangan letih berdoa agar diberi berkah berupa hujan. Selain itu, kita juga harus senantiasa merasa cukup dan hemat dalam penggunaan air. Mengingat. Banyak daerah-daerah yang sangat membutuhkan air.

Sesuai firman Allah SWT lainnya yaitu :
“Dan sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat kami), maka kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-A’raf [7] : 96)

Yang bisa saya tangkap dari ayat diatas ialah.. Allah itu maha adil dan maha tahu. Maha kuasa dan meguasai segalanya. Allah juga-lah yang menurunkah apa-apa yang ada dilangit untuk kemudian menjadi berkah manfaat dibumi manusia dan makhluk hidup ini. Tugas kita sebagai hamba ialah senantiasa bersabar dan berdoa. (Mintalah pertolongan dengan sabar dan sholat).

Kita tidak bisa dan tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya berkah dan pertolongan dari Allah. Mungkin saja Allah menunda datangnya berkah hujan karena memang kita yang lalai dan sangat kurang dalam mengucap “Alhamdulillah” atau kita yang sering mubadzir dan boros dalam menggunakan air.. itulah kurangnya rasa syukur atas nikmat air yang sudah ada. Atau memang Allah sedang membuat kita dan melatih kita untuk lebih bersabar dalam penantian hujan dan tetap percaya akan ketetapan Allah meski dalam kondisi yang seperti sekarang.

Berkah hujan ialah untuk air minum manusia, hewan ternak, dan makhluk hidup lain. Serta berguna untuk pertumbuhan pepohonan dan rerumputan. Air bukan hanya untuk manusia. Tapi untuk semua makhluk hidup di bumi. Air adalah hal penting bagi peradaban dunia ini. Tanpanya kita susah dan ada hal yang tidak berjalan dengan baik. Akan tetapi meski dalam kondisi kurang.. kita harus senantiasa bersyukur dengan apa-apa yang datang dan menerpa kehidupan kita.

Jazakumullah khairan.. Semoga bermanfaat.. Wassalmau’alaikum warroh matulllahi wabarokatuh..

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of