Wakil Pimpinan Taliban Kunjungi Indonesia

0
132
delegasi taliban
Foto: Wakil pimpinan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar dalam sebuah tim delegasi Imarah Islam

Kabul – Wakil pimpinan Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar bertolak dari Qatar menuju Indonesia pada Jumat (26/07/2019). Sebelumnya, salah satu pendiri Taliban itu telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Doha, Qatar.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujaheed mengatakan melalui media sosial bahwa Mullah Baradar memimpin tim delegasi beranggotakan 8 orang untuk membicarakan hubungan politik dan kerjasama dengan Indonesia.

“Dalam perjalanan ini pembicaraan akan berfokus pada hubungan politik yang baik antara kedua negara, perdamaian dan pentingnya kerja sama masa depan dengan Afghanistan”, kata Zabihullah, dilansir Anadolu, Jumat (26/07/2019).

Sebuah gelaran Konferensi Ulama Cendekiawan Muslim direncanakan akan berlangsung di Jakarta pada akhir bulan ini. Konferensi itu akan melibatkan peserta dari Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia.

Awal bulan lalu Dirjen Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya telah mengunjungi Kabul terkait konferensi tersebut. Dewan Keamanan Nasional Afghanistan menuturkan, kedatangan Desra membahas kemitraan Indonesia dalam proses perdamaian, konferensi Ulama dan dialog perempuan di Jakarta.

Pada Mei lalu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi juga telah bertemu dengan Mullah Baradar di Doha, ibukota Qatar. Situs resmi Taliban, Alemarah, melaporakan dalam pertemuan tersebut Mullah Baradar bertukar pandangan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia tentang resolusi damai untuk masalah Afghanistan dan terkait pembicaraan yang sedang berlangsung antara tim negosiasi Imarah Islam dan Amerika Serikat.

Kedua belah pihak mendesak untuk menjaga hubungan bilateral dan kontak mengenai penyelesaian masalah Afghanistan. Menteri Luar Negeri Indonesia meyakinkan bantuan dan memainkan peran positif dalam menyelesaikan masalah Afghanistan jika diperlukan, dan berharap agar masalah Afghanistan menemukan penyelesaian logis yang cepat.[kiblat]

Sumber: Anadolu, Alemarah

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of