Inilah 3 Ciri Wanita Shalihah Menurut Rasulullah

0
194
wanita shalihah

Wanita yang mendapat gelar shalihah merupakan calon istri idaman bagi kaum adam. Karena selain taat beribadah, tentu saja wanita yang demikian ini bisa menjadi jalan untuk keluarganya memasuki surga Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebab mereka ini pasti sudah membekali dirinya dengan ilmu agama yang kuat.

Menjadi pasangan yang baik bagi suami sudah pasti menjadi idaman bagi setiap wanita. Mereka akan melakukan segala cara agar menjadi yang terbaik bagi suaminya. Banyak organisasi yang diikuti untuk mempelajari ilmu demi menggapai gelar sebagai istri shalihah.  Hal yang demikian ini merupakan harapan bagi seorang muslimah, agar dapat memberikan yang terbaik bagi suami dan anak-anaknya. Namun, tidak semua wanita bisa melakukan yang terbaik. Sekeras apapun berusaha dan sebanyak apapun cara yang telah dipelajari, tidak menjamin seorang wanita bisa menjadi istri yang baik bagi suaminya. Salah satu faktor penghambatnya adalah ketidaktahuan mengenai bagaimana cara menjadi istri terbaik.

Sebenarnya, Rasulullah SAW sudah memberitahukan tida ciri istri terbaik versi Beliau. Kira-kira apa sajakah ciri tersebut? Bisakah dan mampukah kita menjadi istri terbaik? Berikut ini ulasan selengkapnya.

  1. Menyenangkan Jika Dipandang Suami

Ciri istri terbaik yang pertama adalah menyenangkan jika dipandang oleh suami. Maksud dari menyenangkan disini bukan berarti harus cantik secara fisik seperti kebanyakan dugaan orang-orang. Akan tetapi lebih kepada inner beauty atau kecantikan yang bersumber dari dalam jiwa. Rasulullah SAW bersabda: “Istri yang terbaik ialah istri yang mempesonakanmu setiap kali dipandang.” (HR. An-Nasai). Wajah wanita muslimah yang bisa menyenangkan suami biasanya akan memnacarkan aura keteduhan karena seringnya terkena air wudhu. Terdapat pancaran keikhlasan, ketulusan dan rasa syukur di wajah wanita tersebut karena telah menjadi istri dari suaminya.

Dalam rangka menyenangkan hati suami tercinta jika ia memandangnya, maka seorang istri haruslah memancarkan aura keteduhan, sehingga teduhlah hati suami. Mengekspresikan roman muka yang membahagiakan sehingga membuat suami tersenyum bahagia pula ketika melihat istrinya. Dengan melihat ekspresi istri yang menyenangkan seperti itu akan membuat suami merasa bahagia. Dapat menghilangkan rasa penatnya dan akan berganti dengan kesegaran. Kondisi suami yang lelah bekerja akan menjadi semakin penat apabila melihat wajah istrinya yang kusam dengan aura yang muram, terkadang hal sepele seperti dapat menimbulkan kekesalan yang berujung pertengkaran karena kondisi hati suami yang tak bahagia.

Rasulullah SAW bersabda: “Jangan sekali-kali kau abaikan kebajikan sekecil apapun, sekalipun hanya sekedar menampakkan wajah yang menyenangkan tatkala bertatap muka dengan saudaramu!.” (HR. Muslim).  Jika perlu pakailah riasan saat bertemu suami sesuai dengan seleranya, karena ada suami yang tak begitu menyukai riasan yang berlebihan. Kecantikan jiwa yang ditambah dengan riasan tentu akan menjadikan wanita lebih terlihat cantik. Jangan sungkan untuk selalu memberikan senyuman kepada suami. Berusahalah untuk tidak menampakkan wajah kesal atau marah di hadapan suami, karena hal ini bisa membuat dirinya tidak betah berada dirumah.

  1. Mentaati Jika Diperintah

Ciri istri terbaik menurut Rasulullah SAW selanjutnya adalah mereka yang senantiasa mentaati perintah suaminya. Sebab semua suami itu merupakan pemimpin bagi istri dan juga keluarganya. Seperti firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita.” (QS. An-Nisa:34). Wanita yang paling baik itu adalah yang mentaati perintah suaminhya. Dengan catatan perintah tersebut tidak bertentangan dengan syariat agama Islam. Namun, kenyataan yang marak terjadi saat ini adalah banyak istri yang tidak mentaati suaminya.

Dengan mengatasnamakan emansipasi wanita dan kesetaraan gender seringkali seorang istri tidak mentaati suaminya. Sifat yang demikian sebaiknya ditinggalkan sebab akan menyebabkan kerusakan dalam rumah tangga. Ketika kita mentaati perintah suami dalam hal kebaikan bukan berarti kita lemah atau diperbudak, akan tetapi itulah tugas seorang suami untuk memimpi istrinya. Hormati suami maka suami akan menghargai istri. insyaAllah.

  1. Menjaga Diri dan Harta Suaminya

Ciri istri terbaik yang terakhir menurut Rasulullah SAW adalah mereka yang mampu mejaga diri dan juga harta suaminya terutama ketika sang suami sedang tidak berada dirumah. Menjaga kehormatan diri sebagai muslimah dan sebagai seorang istri selain sebagai kewajiban hal itu juga akan melindungi diri dari perbuatan dosa.

Demikianlah ulasan mengenai tiga ciri istri terbaik menurut Rasulullah SAW. Ada baiknya sebagai wanita muslimah untuk senantiasa melakukan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya terutama saat sudah berumah tangga. Berusahalah untuk menjadi istri yang baik bagi suami dan ibu yang mendidik bagi anak-anak. Karena sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah. Semoga bermanfaat.

Oleh: Pipit Era Martina

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of