Mujahidin Suriah Rebut Kembali Kafr Nabudah, 60 Tentara Assad Tewas

0
36
mujahidin suriah
Foto: Tank HTS dalam operasi pembebasan Kafr Nabudah

Hama – Kota Kafr Nabudah telah berhasil diambil alih oleh Mujahidin Suriah setelah mereka melakukan Operasi gabungan Selasa lalu (21/05/2019) di pedesaan Hama utara. Operasi gabungan itu dipimpin oleh Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS) yang menimbulkan banyak kerugian militer di pihak musuh.

Dalam pernyataan resminya pada Rabu (22/05/2019), mereka mengklaim telah menewaskan sedikitnya 60 tentara Assad, dan 90 lainnya terluka dalam pertempuran itu. Selain itu, mereka juga menawan tiga tentara yang 2 diantaranya berpangkat Kolonel.

Mujahidin Suriah berhasil menghancurkan meriam ZU-23 dan ZU-57, dua pangkalan Cornet, tiga tank dan tiga kendaraan lapis baja BMP. Dua tank serta sejumlah senjata mesin dan meriam berhasil disita.

Kota Kafr Nabudah berhasil dikuasai sepenuhnya oleh para Mujahidin setelah mereka meluncurkan serangan balik dengan melibatkan faksi-faksi oposisi. Kelompok pejuang yang bergabung; HTS dan Jabhah Wathaniyah lit Tahrir (JWT) dan Jaisyul Izzah.

Kantor berita afiliasi HTS, Iba, merilis video dan foto dari dalam kota Kafr Nabudah setelah berhasil direbut. Iba juga mengatakan tentang penyitaan peralatan militer yang ditingalkan tentara Suriah.

Jaisyul Izzah juga menerbitkan video yang melihatkan sejumlah senjata militer Suriah yang berhasil diamankan.

Para mujahidin kembali melanjutkan operasi ofensif di pedesaan Hama, dan membuka titik kontak baru untuk menyerang militer rezim.

Koresponden Enabbaladi.net melaporkan bahwa JWT membuka titik kontak baru di pedesaan Hama barat menuju desa Al-Mustarihah dan Tal Hawash. Perkembangan ini terjadi setelah JWT menolak gencatan senjata yang diumumkan Rusia.

Namun, Rusia mengklaim bahwa Kafr Nabudah belum jatuh ke tangan Mujahidin, mereka tidak mengakui jatuhnya Kafr Nabudah. Bahkan, Rusia mengaku telah menewaskan 150 pejuang Suriah dalam pertempuran Selasa tersebut.

Kafr Nabudah berada di persimpangan antara provinsi Idlib dan Hama sekaligus dekat dengan garis kontrol. Militer Suriah merebutnya dua pekan lalu. Rusia dan Suriah membombardir kota itu sebelum mengerahkan pasukan darat.

Sumber: Enabbaladi.net

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of