Dua Malaikat Ini Berdoa Tiap Pagi

0
48
doa malaikat

Ada doa malaikat di tiap pagi hari – Kita pasti akan senang apabila didoakan oleh orang lain, apalagi jika orang yang mendoakan kita adalah seorang yang ‘alim, ustadz atau kiyai karismatik. Kita senang didoakan oleh mereka karena mereka menjaga diri dari perbuatan yang haram dan menjauhi dosa-dosa, sehingga doa-doa mereka lebih mudah terkabul.

Namun bagaimana jika yang mendoakan kita adalah makhluk Allah yang tidak pernah berbuat dosa? Adakah makhluk yang tidak pernah berbuat dosa? Ada. Mereka adalah malaikat. Karena mereka tidak pernah berbuat dosa, maka doa mereka pasti mustajab. Diantara dalil kemustajaban doa malaikat, berdasarkan hadits Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut :

فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Siapa yang bacaan aminnya itu seiringan dengan amin malaikat, maka dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 6402)

Dan ternyata, tiap pagi ada dua malaikat yang berdoa untuk kita dengan doa yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Ibnu Bathol menjelaskan tentang maksud hadits di atas, bahwa orang yang rajin bersedekah atau berinfak, maka Allah akan memberi ganti padanya.

Berarti siapa yang rajin memberi nafkah pada keluarga, pada kerabat, dan rajin pula mengeluarkan sedekah sunnah, maka malaikat akan mendoakannya supaya mendapat ganti.

Doa malaikat di atas insyaAllah dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang selalu didoakan kebaikan oleh para malaikat.Aamiin.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of