Penyebab Kelainan Tingkah Laku

0
15
kelainan tingkah laku

Penyebab Kelainan Tingkah Laku
Oleh: Pipit era martina

Tidak jarang banyak pertanyaan tentang kelainan tingkah laku, seperti mengapa di dalam suatu keluarga yang biasa saja, terdapat anak yang manis dan baik, akan tetapi ada juga yang nakal dan sulit di atur bahkan tidak jarang justru menimbulkan kesulitan.

Hal tersebut di karenakan uleh beberapa kemungkinan seperti, stress, trauma, atau pengaruh buruk dalam lingkungan yang mempengaruhi mental seorang anak. Berdasarkan penelitian, ada sekitar 5 faktor yang menjadi penyebab terjadinya kelainan tingkah laku.

1. Factor turunan (Heredity/Hereditas)

Banyak hal yang terjadi dikarenakan factor keturunan, kelainan tingkah laku pun sebagian besar di akibatkan oleh factor yang satu ini. Anthony (1968) mendasarkan penelitiannya pada anak-anak yang mempunyai salah satu atau kedua orang tuanya Skizofrenia (kurang waras)dan ternyata 18% dari sample keturunan mereka menjadi seperti orang tuanya. Anak-anak yang mengalami kelainan tingkah laku yang di sebabkan karena factor hereditas ini biasanya pada masa anak-anaknya menunjukkan tingkah laku menarik diri, curiga, dan tiba-tiba regresi (perkembangan mundur).

2. Factor bawaan (constitutions)

Setiap orang dilahirkan dengan konstitusi yang unik dan berbeda-beda. Selain daripada factor keturunan, factor bawaan juga menjadi salah satu sebab terjadinya kelainan tingkah laku pada anak. Konstitusi ini berkaitan dengan tanda-tanda fisis dan temperamen. Ada beberapa temperamen yang tidak langsung menyebabkan kelainan, tetapi merupakan predictor dari timbulnya kelainan tingkah laku.

3. Factor lingkungan (environments)

Factor lingkungan di anggap mengandung resiko yang tinggi untuk terjadinya kelainan tingkah laku. Sebagian besar tingkah laku anak akan terbentuk di tengak lingkungan, apabila lingkungan di sekitarnya baik maka akan baik pula tingkah laku yang tercipta pada anak, dan sebaliknya. Selain lingkungan keluarga, lingkungan tempatnya bermain pun menjadi salah satu factor terbentuknya tingkah laku anak.

4. Situasi dan pengalaman (situations and experiences)

Contoh umum mengenai situasi yang dapat menimbulkan terjadinya kelainan tingkah laku ialah terjadinya perpisahan antara orang tua. Dalam penelitian Gregory menyatakan, banyak kasus terjadinya kelainan tingkah laku karena anak telah kehilangan ayahnya. Sedangkan Rutter menemukan bahwa gangguan tingkah laku ini belum akan muncul dalam kurun waktu 5 tahun setelah kehilangan orang tuanya. Situasi dan pengalaman lainnya yang mempunyai resiko akan terjadinya kelainan tingkah laku adalah perawatan di rumah dakit, penyakit dan berbagai trauma psikis.

5. Segi perkembangan (points in development)

Dalam psikology perkembangan dikenal adanya periode kritis (critical periode dan critical stages) yaitu saat dimana masa depan dari pola tingkah laku anak tersebut di tentukan.

Adanya masa perkembangan yang panjang memungkinkan manusia memperkaya diri, tetapi kadang-kadang terjadi interupsi yang menimbulkan ketidak seimbangan dan maladaptasi (sebuah proses adaptasi yang dipaksakan, dikondisikan agar diterima).

Pada individu tertentu yang peka terhadap interupsi ini dapat terjadi keadaan yang berakibat lanjut menjadi kelainan psikiatris. Suatu kelainan tingkah laku hendaknya ditinjau dari sudut interaksi antara anak dengan lingkungannya.

Anak pada taraf perkembangan yang berbeda dengan jenis masalah yang berbeda, memerlukan pengertian dan penanganan yang khas dan sebagai orang tua hendaknya tidak hanya memberikan label kelainan tingkah laku secara umum untuk segala tahap perkembangannya.

Dengan mengenal 5 faktor penyebab yang mengandung resiko terjadinya kelainan tingkah laku, diharapkan pengertian yang lebih luas akan menghadapi masalah yang dihadapi oleh anak dan agar orang tua bisa lebih baik dalam mendidik dan memperkenalkan lingkungan yang baik dan tidak baik. Usahakan agar anak berasa dalam lingkungan yang baik agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan baik. Dan terhindar dari resiko terjadinya kelainan tingkah laku yang sangat tidak di harapkan. Semoga bermanfaat.

Lampung. 7 February 2019

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of