Wanita Shalihah Itu Memang Makhluk Yang Langka

0
182
wanita shalihah

Kata “Shalihah” itu merupakan sesuatu yang sungguh menakjubkan, karena keindahan yang terkandung di dalamnya. Seperti apakah wanita shalihah itu? Dan apakah di zaman kita saat ini masih ada wanita yang di kategorikan dalam kategori wanita shalihah? Sementara kita tahu kebanyakan dari kaum muslim saat ini lebih senang mengenakan pakaian yang serba terbuka, tidak terkecuali wanita yang seharusnya dan sewajibnya menutup aurat dengan rapat.

Wanita adalah satu sosok yang sangat mulia di muka bumi ini. Karena begitu mulianya, Allah mengabadikan wanita ke dalam Al-Qur’an dengan nama surat An-Nisa dan surat Maryam. Akan tetapi realita sekarang, kemuliaan, kebaikan dan keburukan yang di nisbahkan kepada wanita seolah tak lagi terpancar. Sungguh sangat disayangkan, bahkan tidak sedikit dari wanita yang tidak menghargai Al-Qur’an yang telah sangat menghargainya. Bukan hanya itu, wanita saat ini seolah tak lagi lekat dengan kemuliaan yang melekat dengan nama wanita itu sendiri. Bahkan banyak nama-nama yang sangat merusak marwahnya, wanita dipanggil dengan PSK, wanita penghibur, cabe-cabean, ayam kampus dan masih banyak istilah lain yang sangat disayangkan.

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim). Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa istri yang shalihah ialah perhiasan paling berharga di dunia bagi seorang suami baik di dunia maupun di akhirat. Selain merupakan perhiasan terbaik, wanita shalihah juga di kategorikan sebagai harta yang paling bernilai di banding dengan yang lainnya.

Seperti kita tahu. Menjadi shalihah itu tidak semudah yang di ucapkan dan dibayangkan, ada banyak hal yang harus kita lakukan, patuhi dan juga kita jaga. Tidak semerta-merta menjadi shalihah hanya karena kita shalat lima waktu dan mengenakan hijab. Setiap perhargaan tentulah ada pengorbanan, ketelitian dan juga ketekunan untuk dapat meraihnya, begitupun dengan gelar wanita shalihah. Jika kita tidak dengan seksama mempelajari kemudian mentaati apa yang menjadi syarat wanita shalihah, maka gugurlah kesempatan kita untuk mendapatkannya.

“Wanita yang shalihah adalah yang taat, yakni taat kepada Allah subhanahu wa ta’ala, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada. Yakni taat kepada suami mereka bahkan ketika suaminya tidak ada (sedang bepergian), dia menjaga suaminya dengan menjaga dirinya dan harta suaminya.” (Tafsir Al-Karimir Rahman, hal 177). Seorang wanita shalihah adalah ia yang taat kepada Allah SWT dan Rasulnya. Ia senantiasa menjalankan segala amal yang diperintahkan dan menjauhi semua perkara yang dilarang atau segala hal yang berbau maksiat. Selain itu juga wanita shalihah memiliki ilmu agama yang mumpuni, ia tahu bagaimana cara menjalankan ibadah dengan baik dan juga khusyuk, bukan hanya sekedar melaksanakan tanpa tahu makna dari ibadah yang di jalankan. Akhlak dan budi pekerti yang baik lekat pada wanita shalihah, selalu menjaga tutur kata dari hal-hal yang buruk dan selalu bersabar terhadap apa yang Allah berikan kepadanya. Dan yang tak pernah lepas dari gelar wanita shalihah ialah ia selalu menjaga auratnya dengan rapi, sesuai dengan ajaran agama Islam.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda yang maknanya, “Perumpamaan seorang wanita shalihah di antara perempuan-perempuan yang lain ibarat seekor burung gagak yang salah satu kakinya berwarna putih di antara 100 ekor burung gagak yang lain” (HR. Ath-Thabarani dan Ibnu Abi Syaibah). Hadits ini menjelaskan bahwa perempuan yang shalihah jumlahnya sangat langka. Ia bagaikan burung gagak yang salah satu kakinya berwarna putih. Sedangkan burung jenis ini belum tentu bisa kita dapatkan di antara 100 ekor burung gagak yang ada. Menjadi berbeda tak selalu indah dan menjadi berbeda juga tak melulu buruk. Semua itu tergantung dari kita, inginkan menjadi indah karena berbeda atau terlihat berbeda karena keburukan yang terlihat.

Allah SWT menciptakan wanita sebagai perhiasan terbesar dan terindah di dunia, tapi juga merupakan fitnah terbesar di dunia. Semua pilihan ada di tangan wanita, mau  menjadi seperti apa, terlihat seperti apa dan mendapat gelar apa. Maka, mana yang akan kita pilih? Menjadi wanita shalihah sebagai perhiasan terindah di dunia atau menjadi fitnah terbesar di dunia?

Oleh: Pipit Era Martina

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of