Membedah Gerakan Salafi Modern

    0
    24

    Banyumas (wahidnews.com) – Acara Rihlah Dakwah Muhammadiyah PDM Banyumas yang digelar tadi malam mengangkat tema yang bisa dibilang sangat menarik, yaitu membedah gerakan salafi modern. Dan sebagai pembicara utama adalah KH. Abu Hilal El Chamdani, Lc., M.Ag, yang merupakan ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Blitar. Selain itu beliau juga merupakan salah satu Pakar Gerakan Salafi.

    Acara ini diselenggarakan agar pimpinan Daerah, Cabang, ranting, Mubaligh-mubaligh dan warga muhammadiyah mengetahui gerakan dakwah salafi dan dapat kompetitif dalam dakwah. Acara ini bersifat internal, dan peserta yang hadir adalah para pengurus Muhammadiyah tingkat ranting hingga tingkat daerah. Diperkirakan berjumlah 500 orang atau bahkan lebih.

    Mengapa tema tentang Salafi sangat menarik untuk diikuti oleh warga muhammadiyah? Karena selama ini pergerakan Salafi menjadi “benalu” dalam ormas muhammadiyah. Konon ada beberapa cabang bahkan ranting yang sudah “digerogoti” Salafi sehingga berbalik memusuhi ormas Muhammadiyah.

    warga muhammadiyahAcara yang berlangsung mulai sabtu sore hingga ahad pagi (26-27 Januari 2019) alhamdulillah berjalan dengan lancar, dan para peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut. Bahkan ketika sesi pemaparan materi dan tanya jawab sudah usai, para peserta seakan belum puas, sehingga terbentuklah semacam halaqoh tanya jawab tambahan guna mengupas tuntas tentang pergerakan Salafi modern.

    KH. Abu Hilal El Chamdani, Lc., M.Ag dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan dari para peserta sampai tidak terasa bahwa waktu sudah larut malam. Menyadari hal itu, Abu Hilal memberi isyarat untuk menyudahi halaqoh tersebut, karena masih ada kegiatan Qiyamulail berjamaah, subuh berjamaah dan sesi yang lainnya.

    Rihlah dakwah diadakan rutin oleh PDM Banyumas di koordinir Majelis Tabligh untuk menguatkan jiwa perjuangan dalam dakwah Muhammadiyah, melalui kegiatan dalam nuansa kebersamaan: shalat fardhu dan tahajud berjamaah, kajian bersama, tidur bersama di masjid.

    Semoga warga Muhammadiyah semakin giat berdakwah dan lebih giat mengader generasi mudanya agar tidak mudah “kecolongan” oleh pergerakan-pergerakan yang merugikan ormas Muhammadiyah. (Rep. ilham)

    Leave a Reply

    avatar
      Subscribe  
    Notify of