Gejala dan Penyebab Asma

1
12
obat asma

Gejala dan Penyebab Asma
Oleh: Pipit era martina

Setelah penjabaran tentang pengertian asma, yuk mari kita pahami pula tentang gejala dan juga penyebab penyakit asma menyerang.

Terkadang banyak hal yang menjadi penyebab dan gejala yang sering kita temui namun tidak kita sadari bahwa hal tersebut menyebabkan penyakit asma kambuh.

Gejala Asma

Gejala utama asma biasanya ditandai dengan sulit bernapas (terkadang bisa membuat penderita megap-megap), batuk-batuk, dada terasa sesak, dan mengi (suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran napas yang menyempit).

Tingkat keparahan gejala asma bervariasi, mulai dari yang ringan hingga parah. Memburuknya gejala biasanya terjadi pada malam hari atau dini hari dan jika memasuki musim dingin. Sering kali hal ini membuat penderita asma menjadi sulit tidur dan kebutuhan akan inhaler semakin sering.

Gejala asma yang memburuk secara signifikan disebut serangan asma. Serangan asma biasanya terjadi dalam kurun waktu 6-24 jam, atau bahkan beberapa hari. Akan tetapi, Meskipun begitu, ada beberapa penderita yang gejala asmanya memburuk dengan sangat cepat kurang dari waktu tersebut.

Selain sulit bernapas, sesak dada, dan mengi yang memburuk secara signifikan, tanda-tanda lain serangan asma parah ialah:

  • Inhaler pereda tidak lagi dapat mengatasi gejala.
  • Gejala batuk, mengi dan sesak di dada menjadi lebih sering.
  • Sulit bicara, makan dan tidur akibat sulit bernapas.
  • Bibir dan jari-jari terlihat biru.
  • Denyut jantung yang semakin cepat.
  • Merasa pusing, lelah dan juga mengantuk.
  • Adanya penurunan arus puncak ekspirasi.

Jika anda atau keluarga mengalami tanda-tanda seperti di atas, jangan di abaikan . segera temui dokter atau tenaga medis lainnya untuk mendapatkan penanganan segera dan perawatan yang lebih intensif.

Penyebab asma

Penyebab terjadinya penyakit asma ini masih belum bisa diketahui dengan pasti. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi pemicu munculnya gejala penyakit ini, di antaranya:

  1. Factor genetic
  2. Infeksi paru-paru dan saluran pernapasan yang pada umumnya menyerang saluran
    pernapasan seperti flu.
  3. Allergen (anti terhadap bulu hewan, tungau debu, dan serbuk bunga)
  4. Paparan zat kimia di udara
  5. Factor cuaca, cuaca yang dapat menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma biasanya,
    cuaca dingin, cuaca berangin, cuaca lembap dan perubahan suhu yang drastic.
  6. Stress
  7. Emosi yang berlebihan (sedih yang berlarut-larut, marah, ataupun tertawa yang
    berlebihan)
  8. Aktifitas fisik yang melelahkan
  9. Makanan atau minuman yang mengandung sulfit atau sering kita tahu dengan zat alami
    yang biasa digunakan sebagai bahan pengawet.
  10. Allergy makanan.

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi pemicu kambuhnya
penyakit ini, agar kita dapat berhati-hati ataupun mengingatkan keluarga, kerabat atau orang lain yang mengidap penyakit ini agar tidak kambuh. Dengan meningkatnya angka kematian di Indonesia yang diakibatkan oleh penyakit asma, menjauhi pemicu yang menyebabkan munculnya gejala asma merupakan satu-satunya cara untuk menurunkan angka kematian.

Karena bagaimanapun mencegah merupakan hal yang lebih baik dibanding dengan harus mengobati. Semoga bermanfaat, salam sehat dari penulis.