Di Turki, Ada Sebuah Kota Dimana Orang Miskin Tidak Pernah Kelaparan

0
17
turki

wahidnews.com – Di bawah sinar matahari yang menyilaukan pada sore hari, sebuah restoran di sebuah kota kecil di wilayah bagian timur Turki menyambut pelanggan dari kalangan masyarakat kurang mampu.

Restoran ini hanya salah satu dari banyak tempat di kota ini, di mana warga miskin diajak untuk makan gratis. Tradisi yang telah dipeliharan dengan baik ini telah diturunkan dari generasi ke generasi selama beberapa dekade.

Kota Karakocan, yang berjarak 70 menit berkendara ke utara dari pusat provinsi Elazıg, telah menarik perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena kebiasaan masyarakat yang memberikan makanan gratis kepada mereka yang membutuhkan.

Bagi penduduk setempat, tradisi ini adalah cara memenuhi tanggung jawab mereka untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung.

Mehmet Ozturk, 55 tahun, adalah pemilik dan pengelola salah satu restoran tersibuk di Karakocan, yaitu Restoran Merkez menuturkan bahwa selama hampir 35 tahun ia selalu menyiapkan sedikitnya tiga meja yang disediakan bagi mereka yang membutuhkan.

Meskipun saat jam sibuk ketika restorannya penuh sesak, Ozturk tetap memberikan tempat bagi orang-orang yang membutuhkan.

Menurut Ozturk, “Orang miskin tidak pernah ditolak”.

Pada hari tertentu, kata Ozturk, sedikitnya ada 15 orang yang datang ke restorannya untuk mendapatkan makanan gratis.

Menurut penduduk, sekitar 100 orang makan gratis setiap hari di seluruh kota yang berpenduduk sekitar 28.000 orang ini.

Galip adalah salah satu wajah yang akrab di restoran tersebut. Dia sudah makan di sana setiap hari selama 10 tahun terakhir.

“Dia ada di sini untuk sarapan dan dia mungkin akan datang untuk makan malam juga,” kata seorang pelayan muda.

Menderita penyakit mental, Galip tidak bisa banyak bercerita.

tak ada orang miskin“Merkez adalah tempat favorit saya di kota ini, karena makanannya luar biasa,” ujar Galip.

Restoran tersebut menawarkan kepada Galip dan kepada pengunjung miskin lainnya berbagai pilihan makanan yang tercantum di menu mereka, diantaranya adalah kebab, ayam, sup, nasi, dan salad.

“Kebiasaan ini selalu ada di sini, bahkan sejak 70 tahun yang lalu. Bagi kami, ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan, sesuatu yang kami pelajari dari para tetua kami,” ujar Ozturk.

Menurut penduduk setempat, tradisi ini pertama kali dimulai pada tahun 1940 di restoran Merkez, salah satu restoran pertama di kota itu, ketika pemilik sebelumnya mulai menawarkan makanan gratis kepada mereka yang membutuhkan setiap hari.

Kebiasaan ini dengan cepat juga dipraktekkan oleh restoran-restoran lain di daerah itu.[ar]