Mengenal Gigi Bungsu

0
8
dokter gigi
Dokter Gigi

Mengenal Gigi Bungsu
Oleh: Pipit Era Martina

Sebelum membahas lebih lanjut, sahabat pembaca tahu nggak sih apa itu gigi bungsu? Sekilas berpikir tentang bungsu pasti pembaca menerka kalau gigi yang dimaksud adalah gigi yang tumbuh di akhir masa. Yahh, mengapa dikatakan gigi bungsu? karena gigi ini tumbuh terakhir kali pada masa pertumbuhan manusia. Untuk lebih jelasnya,yuk kita coba baca yang dimaksud dengan gigi bungsu ini.

Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga atau gigi geraham terakhir yang tumbuh di pengujung usia, antara belasan tahun atau awal usia dua puluh tahunan. Masalah yang sering terjadi pada pertumbuhan gigi bungsu ini biasanya pertumbuhannya yang tidak sempurna karena keterbatasan ruang gusi yang bisa ditempati gigi bungsu. Akibatnya, gigi bungsu tumbuh secara terhimpit atau hanya tumbuh sebagian saja. Kondisi ini menimbulkan gejala rasa nyeri, tidak jarang pula diiringi dengan demam dan jelas menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini hampir sama dengan halnya ketika mengalami sakit gigi.

Selain rasa nyeri, posisi pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna juga menyebabkan gigi bungsu sulit dibersihkan. Karena pertumbuhannya yang tidak sempurna ini, terkadang gigi hanya tumbuh sebagian dan bagian lainnya masih tertutup oleh gusi, dan hal ini menyebabkan banyaknya sisa makanan yang tertinggal, sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya penimbunan plak.

Kondisi seperti ini cenderung memicu banyak masalah pada gigi. seperti, pembusukan gigi, perikoronitis (infeksi pada jaringan lunak di sekitar gigi), abses gigi, dan selulitis (infeksi lapisan dalam yang menyerang tenggorokan, lidah, serta pipi). Selain itu, meski jarang sekali terjadi, penimbunan plak ini juga berisiko menyebabkan kista dan tumor pada gusi.

Nah, masalah pertummbuhan gigi ini dapat diatasi dengan cara pengobatan atau tindakan pencabutan gigi bungsu. Pengobatan dilakukan untuk mengatasi masalah yang timbul pada gigi, meringankan rasa nyeri yang timbul dikarenakan tumbuhnya gigi tersebut. Sedangkan tindakan pencabutan gigi bungsu dilaksanakan jika pengobatan tidak dapat mengatasi masalah pada gigi atau gusi.

Akan tetapi, untuk tindakan pencabutan gigi bungsu ini tidak dianjurkan, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang lain lagi pada gigi. Hanya jika sudah tidak dapat diobati lagi, maka pencabutan gigi bungsu ini perlu dilanjutkan dengan perawatan pasca tindakan dan pencegahan terjadinya komplkasi.

Masalah yang terjadi pada gigi, seperti pembusukan gigi, perikoronitis, abses gigi,atau kista dan tumor pada gusi perlu ditangani dengan pemberian cairan pembersih antiseptik dan obat antibiotik. Pengobatan ini umumnya dapat mengatasi masalah yang terjadi pada gigi dan gusi. Namun jika masalah gigi bungsu masih saja mengganggu, maka dapat dilakukan tindakan pencabutan gigi bungsu. Tentunya, pencabutan ini harus dilakukan oleh dokter gigi, tidak dianjurkan untuk dicabut sendiri.

Pasca pencabutan gigi bungsu, beberapa efek samping seperti nyeri, wajah dan mulut menjadi bengkak, mulut terasa geli, serta rahang terasa kaku. Pada masa ini, dianjurkan menghindari aktifitas berat selama beberapa hari, tidak merokok atau menghindari minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan yang lembut atau cair, serta mengonsumsi obat pereda sakit dari dokter secara teratur.

Nah, sahabat pembaca itulah sekilas info tentang gigi bungsu. Jadi tidak perlu khawatir atau risau ketika di usia 20tahunan tumbuh gigi, itu tandanya sahabat sudah beranjak lebih dewasa. Semoga bermanfaat.

Lampung, 10 Agustus 2018