Hilal Ahmar Gelar Pengobatan dan Trauma Healing untuk Korban Gempa

0
45
gempa lombok

Lombok Utara (wahidnews.com) – Dusun Sumur Pandai Lauk termasuk wilayah pelosok yang terdampak gempa Lombok. Tim relawan dari Hilal Ahmar mengunjungi posko pengungsi yang di dusun yang terletak di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara itu.

Untuk masuk ke posko pengungsi, relawan harus berjalan kaki, karena akses jalan sempit dan tidak rata. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengendarai mobil.

Tanpa diberitahu sebelumnya, warga spontan langsung berkerumun mendatangi posko kesehatan Hilal Ahmar di sebuah mushalla darurat di tengah posko pengungsian. Mereka secara tertib mengantri untuk berobat.

Hingga tengah hari, lebih dari 40 warga berobat kepada relawan Hilal Ahmar. Sementara itu, dari hasil pemeriksaan relawan medis Dokter Fuad ditemukan bahwa di posko Dusun Sumur Pandai Lauk ditemukan dua wanita hamil.

“Jadi di sini butuh bidan, soalnya belum satupun dari warga yang hamil pernah dicek. Salah satunya mengaku mau ke USG tapi taunya malamnya gempa, gak jadi hingga sekarang,” ungkapnya.

Tetap Berdakwah di Bawah Tenda

Proses penyembuhan tak hanya dilakukan untuk mereka yang mengalami penyakit. Namun juga untuk korban yang mengalami trauma, khususnya anak-anaknya dengan menggelar sejumlah hiburan sederhana. Seperti lomba kecil-kecilan dan games tantangan menyebutkan rukun-rukun dalam Islam.

Meski dilanda trauma, anak-anak juga diajarkan untuk tetap teguh memeluk agama Islam. Relawan menekankan pentingnya berpegang teguh dengan agama Islam meski banyak godaan dan dalam kondisi apapun.

“Siapa yang mau duit satu juta tapi masuk kristen?” tanya Abu Ahmad salah-satu relawan Hilal Ahmar. “Nggaaaaak mau!” jawab anak-anak serempak.

Kegiatan trauma healing ini dipenuhi keceriaan anak-anak. Bahkan kerap kali gelak tawa anak-anak mewarnai kegiatan ini. Mereka sangat antusias mengikuti tantangan dan pertanyaan yang disampaikan oleh relawan. Kegiatan ini pun diikuti oleh orang tua anak-anak. [kiblat]