Jus Jeruk Hilang Manfaatnya Jika Ditambahkan Ini

0
31
jeruk

Menambahkan Gula Dalam Jus Jeruk Dapat Menghilangkan Manfaatnya, Mengapa?

Oleh: Aannisah Fauzaania

Jeruk. Siapa tak mengenal buah yang satu ini? Buah berwarna kuning yang terkenal seantero dunia ini banyak menjadi favorit. Selain karena mudah didapat, rasa jeruk yang mayoritas manis dan manfaatnya yang mengandung banyak vitamin C membuat buah yang satu ini sering menjadi primadona baik di pasar-pasar besar maupun kecil.

Mengonsumsi buah jeruk bisa dengan beragam cara. Selain dimakan langsung, jeruk juga bisa diperas dan ditambahkan air menjadi es jeruk, atau dicampur dalam blender menjadi jus jeruk. Seringkali, untuk beberapa jeruk yang kurang manis, kita menambahkan gula beberapa sendok ke dalam jus jeruk yang sedang berputar dalam blender. Padahal menurut dunia kesehatan, kebiasaan menambahkan gula untuk menghilangkan rasa masam pada jeruk tersebut malah merugikan.

Mengapa disebut merugikan?

Seorang ahli gizi alumni dari Gizi Masyarakat  IPB; Ibu Ir. Eti Widayati, M.Kes menyebutkan bahwa molekul vitamin C yang terdapat dalam bulir-bulir jeruk memiliki bentuk dan struktur yang sangat mirip dengan molekul gula. Namun,  molekul gula memiliki ukuran sedikit lebih besar daripada jeruk. Sehingga saat tubuh akan melakukan proses penyerapan, molekul gula yang terbaca lebih dulu. Gula lalu memenuhi ruang-ruang penyerapan dan membuat molekul dari bulir jeruk jadi sulit terserap. Sehingga, meskipun kita telah minum satu gelas besar jus jeruk namun kadar vitamin C yang kita dapatkan masih tetap rendah karena penyerapan yang terhambat oleh molekul gula.

Sayang sekali kan, minum jeruk namun tak mendapat manfaatnya. Jadi, yuk lebih jeli lagi dalam memilih makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. Jangan asal campur-campur tapi malah menghilangkan manfaatnya. Tak mengapa asam sedikit. Seringkali tubuh kita berada dalam suasana asam yang terlalu pekat sehingga menimbulkan banyak penyakit. Makanan berasa asam itulah yang akan menetralkan kondisi tubuh dengan membentuk suasana basa di dalamnya. 

Yuk, mulai hidup sehat!