infeksi telinga bayi

Infeksi Telinga Pada Bayi

Oleh : Pipit Era Martina

Bayi amat rentan dengan berbagai macam serangan penyakit, hal ini dikarenakan sistem imun pada tubuh bayi yang belumlah terbentuk dengan sempurna. Tak seperti orang dewasa yang sudah memiliki sistem imun atau kekebalan yang lebih kuat, anak-anak dan bayi masih sangat rentan terhadap paparan atau serangan virus dan bakteri. Itulah sebabnya, orang tua harus lebih teliti dalam menjaga kesehatan bayi agar ancaman tersebut dapat dihindarkan dari tubuh mungilnya. Ditambah dengan ketidakmampuan bayi untuk mengungkapkan apa yang dialaminya akan cenderung membuat orang tua khawatir saat bayi mulai rewel dan terlihat tidak nyaman.

Nah, ketika bunda dihadapkan dengan situasi seperti ini, seringkali bunda merasa frustasi dan tidak tahu harus melakukan apa agar keceriaan bayi segera kembali. Menjaga dan mengupayakan si buah hati untuk selalu prima merupakan hal yang sangat penting dalam pertubuhannya. Mengingat banyak sekali ancaman virus dan bakteri menyerang tubuhnya yang belum bisa mendeteksi kondisi tubuhnya sendiri.

Saat si kecil masih bayi, sumber imunitas yang didapatinya hanya ia perolah dari air susu ibunya saja. Oleh karena itu, mengoptimalkan pemberian ASI pad asi buah hati merupakan langkah awal untuk menjauhkannnya dari ancaman-ancaman penyakit tersebut. Dimana virus dan bakteri merupakan sumber paling umum yang seringkali menimbulkan masalah kesehatan dan membawa banyak penyakit ke dalam tubuh. Belum lagi keberadaannya yang terdapat di hampir semua tempat menjadi ancaman besar bagi bayi.

Jika bunda tahu, ada cukup banyak media yang bisa membuat virus-virus tersebut masuk kedalam tubuh si buah hati. Salah satunya adlah melalui sentuhan orang lain yang telah dihinggapi oleh kuman-kkuman yang membentuk virus jahat  bagi kesehatan. Penyebaran ini akan lebih mudah masuk kedalam tubuh si kecil baik itu melalui hidung atau mulut. Tidak seperti orang dewasa yang mungkin lebih kebal terhadap paparan virus.

Nah, salah satu jenis penyakit yang sering datang dengan tak terduga pada si buah hati yang disebabkan oleh virus dan bakteri ialah infeksi telinga. Gangguan ini seringkali membuat si kecil menangis dan sulit tidur. Si kecil akan lebih mudah menangis dan tidak mau menyusu pada ibunya. Infeksi telinga cenderung menyerang setelah bayi mengalami pilek atau infeksi sinus, radang tenggorokan dan pada saat demam. Biasanya, ketika infeksi ini terjadi, bayi cenderung sering menarik daun telinganya karena merasakan gatal atau perih pada bagian telinga dan bagian dalamnya.

Infeksi telinga atau dikenal dengan Otitis Media pada dunia kesehatan merupakan suatu infeksi yang menyerang bagian telinga tengah. Yang mana penyebabnya biasanya dipicu oleh serangan bakteri atau virus tertentu. Pada kasus ini, telinga bagian belakang gendang telinga tempat ketigatulang pendengaran kerap menjadi sasaran utama terkenanya infeksi jenis ini.

Infeksi telinga merupakan salah satu jenis sakit yang menyebalkan, terlebih jika hal ini di alami oleh bayi, jelas membuatnya rewel tak tenang. Selain menyebalkan bagi bayi, juga tentunya membuat resah orang tua yang terkadang tak mengetahui sebab dari rewelnya buah hati. Infeksi ini biasanya akan mengalami peradangan dan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah, terkadang hal ini membbuat penderita kesulitan dalam mendengar.

Infeksi telinga ini sering ditemui pada anak-anak usia enam bulan hingga dua tahun. Sehingga pada dunia medi hal ini dianggap sebagai hal yang umum menyerang anak-anak. Bahkan menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 3 dari 4 anak pernah mengalami infeksi telinga sebelum mereka menginjak usia 3tahun. Namun perlu diketahui, biasanya infeksi telinga ini dapat terdeteksi setelah bayi mengalami beberapa penyakit sistem pernapasan seperti pilek atau sakit tenggorokan lainnya.

Pada dasarnya telinga terbagi menjadi 3 bagian, yakni telinga bagian luar, yang mana bagian ini meliputi bagian cuping telinga dan saluran telinga luar. Kemudian telinga bagian tengah yakni sisi gendang telinga yang dihubungkan dengan tenggorokan oleh saluran yang disebut dengan eustachius. Dan yang terkhir ialah telinga bagian dalam yang berisi syaraf yang dapat mendeteksi adanya suara.

Ketika infeksi menyerang telinga bagian tengah atatu sering disebut dengan Otitis Media biasanya memerlukan perhatian yang lebih, terlebih jika hal ini dialami oleh bayi. Karena ketika penyakit ini dibiarkan terlalu lama, takutnya akan meningkatkan resiko terhadap penyakit infeksi telinga akut yang dampaknya tentu lebih serius pula. Oleh karena itu, ketika bunda mendeteksi adanya infeksi pada telinga segera konsultasikan pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan sebelum terlambat. Jika penyakit yang lain bisa diusahakan dengan alternatife terebih dahulu, berbeda dengan infeksi telinga yang harus segera mendapatkan bantuan dokter.

Sedikit penjelasan mengenai apa itu infeksi telinga, merupakan bagian dasar untuk diketahui oleh para bunda. Agar para orang tua dapat lebih teliti lagi dalam menjaga kesehatan buah hatinya, dimana pada masa pertumbuhan si kecil terdapat banyak sekali ancaman penyakit yang kemungkinan akan menyerang disaat bunda lengah meski sedikit saja. Jika ada salah dalam pemaparan mohon dimaafkan, semoga bermanfaat

Malang, 08 Juli 2018