Standar Makanan Untuk Bayi dan Anak Sapihan

0
26
bayi sedang makan

Standar Makanan Untuk Bayi dan Anak Sapihan

Oleh : Pipit Era Martina 

Banyak yang tidak tahu tentang standart makanan yang dianjurkan untuk bayi dan anak sapihan, nah yuk bunda kita sedikit belajar tentang hal ini. Pada dasarnya gizi pada anak itu tidak harus mahal, cukup dengan bersih, sehat dan tentunya sayiesuai dengan kebutuhan bayi tersebut. Makanan bayi di sesuaikan dengann usianya ya bunda, kapan dia sudah diperbolehkan makan pendamping ASI dan kapan waktunya makan makanan yang berserat. Kalau pada zaman nenek moyang dahulu bayi dibawah usia 6 bulan sudah diberi makanan lain selain ASI, seperti pisang yang di lembutkan, bubur dan lainn-lain. Perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak di anjurkan dalam kesehatan, dikarenakan pada usia dibawah 6 bulan tersebut usus yang bekerja untuk melebur makanan belum dapat berfungsi dengan sempurna sehingga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan pada bayi.

Pasti setiap orang tua akan memberikan yang terbaik untuk si buah hati, terkadang hal sulit pun akan dilakukan demi kebaikan dan pertumbuhan anak. Akan tetapi, banyak yang tidak paham akan hal itu sendiri, orang tua tidak memahami dengan benar tata cara merawat si kecil agar terpenuhi kebutuhan kesehatannya. Nah, untuk itu penulis mengajak para bunda untuk sedikit belajar tentang standart makanan yang seharusnya diberikan pada buah hati. Tentang usia, jenis sampai pada waktunya pula.

  1. Bayi usia 0-4 bulan

Bayi di usia ini benar-benar masih belia dan belum dapat berbuat banyak selain menangis jika menginginkan sesuatu. Pada urutan usia ini, bayi hanya diperbolehkan minum ASI saja. Baik itu ASI eksklusif maupun formula ( sangat di anjurkan tetap diberikan ASI eksklusif). Nah ASI sendiri terbagi menjadi dua macam,

a. ASI Premature

Wah ternyata bukan hanya melahirkan saja ya yang dikatakan premature, ASI juga ada loh. Kenapa dikatakan ASI Premature? Hal tersebut dikarenakan ASI ini diproduksi oleh ibu yang melahirkan premature, oleh sebab itu ASI ini diberi nama ASI Premature.

b. ASI Mature

ASI jenis ini merupakan ASI yang dikeluarkan oleh ibu yanng telah melahirkan di waktu yang cukup. Untuk ASI jenis ini pun memiliki 3 macam. Yang pertama, Kolostrum ialah ASI yang di produksi oleh ibu pada hari pertama sampai hari ke empat setelah melahirkan. Menurut ahli kesehatan, ASI jenis ini memiliki fungsi mencerdaskan otak anak dan memperkuat pertahanan daya tahan tubuh terhadap virus maupun infeksi. Yang kedua, ASI Transisi ialah ASI yang diproduksi pada hari ke empat sampai hari ke tujuh pasca melahirkan. Dan yang terakhir, ASI Matur ialah ASI yang diproduksi pada hari ke sepuluh dan seterusnya.

Banyak ibu yang enggan memberikan ASI kepada buah hatinya dikarenakan berbagai alasan, padahal gizi terbaik untuk buah hati ialah ASI. Dibanding dengan susu formula, ASI memiliki fungsi yang lebih kuat. ASI mengandung zat gizi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, selain itu bayi yang baru lahir memiliki ginjal enzim pencernaan yang belum sempurna sampai batas usia 4 bulan. Dan hal tersebut dapat disempurnakan dengan pemberian ASI yang rutin.

2. Bayi usia 4-6 bulan

Ketika usia bayi menjelang 6 bulan, dimana usia ini merupakan batas usia bayi diperbolehkan untuk makan makanan pendamping selain ASI. Akan tetapi, bayi tidak diperkenankan langsung diberikan makanan tambahan tanpa proses dan tentunya prosedur kesehatan. Untuk bayi di usia ini selain ASI, bayi sudah diperbolehkan diberikan sari buah dan bubur susu. Dengann waktu pemberian, sari buah atau bubur buah dapat diberikan 1-2 x sehari pada pukul 10.00 pagi dan 16.00 sore. Sedangkan bubur susu dapat diberikan pada pukul 13.00 dan 18.00.

3. Bayi usia 6-9 bulan

Pada usia ini, bayi sudah bisa makan makanan pendamping ASI dan sudah diperbolehkan diperkenalkan dengann berbagai macam makanan yang dapat di konsumsi bayi pada usia ini. Selain buah dan bubur susu, tim saring pun sudah bisa diberikan. Untuk buah, bisa di jadikan jus atau bubur buah dengan cara buah direbus terlebih dahulu kemudian dilembutkan. Untuk pemberian sama seperti sebelumnya, sedangkan untuk tim saring diberikan hanya satu kali selama sehari yaitu di siang atau sore hari.

4. Bayi usia 9-12 bulan

Makanan yang dapat diberikan pada bayi pada usia ini sudah bisa beraneka macam, untuk pemberian ASI, buah, bubur susu dan tim saring diberikan sama dengan bulan sebelumnya. Sedangkan untuk makanan selingan bisa diberikan 2-3 x dalam satu hari. Makanan selingan ini, bisa berupa apa saja yang sekiranya sudah dapat dikonsumsi oleh bayi pada usia ini.

5. Bayi usia 12-18 bulan

Di usia ini bayi sudah mulai memiliki sistem pencernaan yang sempurna, sehingga sudah bisa diberikan makanan seimbang dengan porsi ½ dari ukuran orang dewasa, perlahan ajarkan anak untuk mengunyah makanan dengan baik tanpa disaring sehari 3x. Sedangkan untuk makanan selingan atau buah-buahan dapat diberikan 1-2 kali sehari.

6. Bayi usia 18-24 bulan

Balita di usia ini sudah dapat dikatakan bebas dari jadwal waktu pemberian. Untuk makanan seimbang bisa diberikan 3x sehari seperti halnya orang dewasa, sedangkan untuk ASI, buah dan juga makanan selingan dapat diberikan kapan saja sesuai dengan kebutuhan anak, dan juga disesuaikan dengan waktu makan makanan seimbang juga waktu istirahat. Meskipun sudah terbebas dari jadwal waktu pemberian makanan, sebaiknya tetap diperhatikan pola makannya jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan.

7. Bayi usia 2-3 tahun

Jika bayi rutin mengkonsumsi ASI sejak lahir, pada usia ini anak sudah diperbolehkan minum susu formula 2x sehari dan mulai di ajarkan untuk lepas dari ASI atau di sapih. Makanan seimbang, makanan selingan serta buah-buahan dapat diberikan 2-3x sehari.

8. Bayi usia 3-5 tahun

Pada usia ini, umumnya bayi sudah benar-benar lepas dari ASI dan beralih ke susu formula. Berikan susu formula sesuai dengan kebutuhan bayi, jangan terlalu berlebihan dan tetap baca aturan pakai. tetap berikan makanan selingan serta buah untuk menjaga keseimbangan gizi pada bayi.

Nah bunda, itulah beberapa waktu pemberian makanan pada bayi yang mungkin belum bunda ketahui. Meski tidak secara rinci, setidaknya hal ini dapat membantu bunda dalam memberikan makanan pada bayi yang baru lahir hingga pada usia sapihan. Semoga bermanfaat ya bunda..

Lampung, 23 Juni 2018