Mengenal Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

1
60
mengenal organ tubuh manusia

Mengenal Jam Kerja Organ Tubuh Manusia
Oleh: Aannisah Fauzaania

Maha Suci Allah yang telah menciptakan semua hal begitu sempurna dalam semesta ini. Betapa besarnya kuasa Allah dalam mengatur keseluruhan urusan alam semesta serta hamba-hambaNya tentu tak dapat dimungkiri lagi. Allah yang mampu menggerakkan matahari untuk terbit saat fajar tiba, kemudian menggerakannnya kembali untuk terbenam saat senja. Allah yang mampu menggerakkan sehelai daun yang jatuh dari ranting pohon, Allah yang mampu menurunkan hujan. Semua hal tersebut telah diatur waktu dan ketetapannya oleh Allah.

Manusia sebagai makhluk yang Allah ciptakan paling baik dan sempurna patut sangat mensyukuri apa-apa yang telah Allah berikan untuk kehidupan ini. Sebab ternyata hal-hal yang menurut kita sederhana di dunia ternyata memiliki pengaturan yang sangat kompleks. Salah satunya ialah mengenai jam kerja organ tubuh manusia.

Pernahkah teman-teman memikirkan bagaimana mekanisme organ tubuh kita bekerja? Atau bagaimana pengaturan waktu organ tubuh agar dapat bekerja secara optimal?

Dalam sebuah perkuliahan ilmiah mengenai ilmu dimensi tubuh bersama Bapak Asra, ST, Akupunkturis, saya mendapat beberapa ilmu mengenai bagaimana organ tubuh bekerja serta kapan saja waktu-waktu optimal mereka bekerja.

Dimulai dari pukul 01.00-03.00 AM.

Pada rentang waktu ini, organ hati sedang berada dalam fase aktif. Hati memiliki fungsi untuk eksresi sisa metabolisme dan detoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Organ hati aktif saat malam hari untuk melakukan proses eksresi. Karena itu dianjurkan untuk tidur agar proses dapat berjalan optimal. Selain itu, regenerasi sel darah merah juga akan menjadi lebih berkualitas.

Pukul 03.00-05.00 AM

Paru-paru aktif memompa udara dan berproses mengeluarkan udara yang kotor pada pukul tiga sampai lima dini hari. Apabila pada waktu-waktu ini kita sering mengalami batuk-batuk ringan, bersin, atau berkeringat maka artinya mungkin banyak udara kotor menumpuk dalam paru yang sedang berusaha dibersihkan.

Pukul 05.00-07.00 AM

Usus besar berfungsi sebagai tempat penyerapan akhir dalam sistem pencernaan. Seluruh air dan bahan-bahan yang masih bermanfaat akan diserap oleh organ ini. Usus besar berfungsi optimal pada waktu-waktu menjelang pagi hari. Maka, upayakan untuk melakukan proses eksresi dengan BAB secara rutin setiap pagi
agar bahan sisa-sisa metabolisme tidak menumpuk menjadi sampah di dalam tubuh.

Pukul 07.00-09.00 AM

Lambung sebagai organ pencernaan yang berfungsi menghaluskan makanan secara kimiawi juga berfungsi optimal pada waktu pagi hari. Seluruh makanan yang masuk akan dicerna sempurna sehingga sari-sari makanan dapat lebih banyak diserap tubuh. Oleh karena itu sarapan pada pagi hari merupakan kebiasaan yang sangat baik. Membiasakan untuk rutin sarapan pagi juga merupakan alternatif ampuh untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, ketika sari-sari makanan diserap sempurna, sampah-sampah yang dapat mengakibatkan lemak menumpuk dalam tubuh juga akan berkurang.

Pukul 09.00-11.00 AM

Limfa merupakan organ tubuh yang multifungsi. Selain sebagai tempat penyimpanan dan regenerasi eritrosit, limfa juga berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih yang terdapat dalam limfa membantu mengusir bakteri patogen yang dapat membahayakan tubuh. Limfa berperan aktif pada pukul sembilan hingga sebelas pagi. Apabila kita sering merasa mengantuk pada jam-jam ini maka terindikasi fungsi limfa sedang melemah. Kerja limfa dapat melemah apabila kita terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti kue-kue tinggi gula, minuman kaleng, dan coklat. Untuk menghindarkan dampaknya, kita dapat mengurangi konsumsi makanan manis agar limfa dapat berfungsi optimal kembali.

Pukul 01.00-03.00 PM

Usus kecil atau yang lebih sering disebut usus halus merupakan organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan. Pada saat usus kecil sedang bekerja aktif, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi sehingga lebih banyak manfaat yang bisa diserap oleh usus halus.

Pukul 11.00-01.00 siang

Jantung bergerak aktif memompa darah dalam rentang waktu ini. Untuk menguatkan fungsi jantung, seseorang dianjurkan untuk istirahat atau tidak melakukan aktifitas terlalu berat selama fase waktu ini. Jantung melemah pada pukul 23.00-01.00 malam hari. Maka dari itu Pada saat malam kita dianjurkan untuk tidak begadang agar fungsi jantung bisa terjaga dengan baik.

Pukul 03.00-05.00 PM

Otot-otot pada kandung kemih bergerak aktif pada rentang waktu pukul tiga sampai lima sore hari. Kandung kemih dalam tubuh berfungsi sebagai tempat penampungan urine sebelum dikeluarkan oleh tubuh.

Pukul 05.00-07.00 PM

Ginjal bekerja optimal pada pukul lima hingga tujuh sore. Fungsi ginjal dalam tubuh ialah sebagai alat filtrasi sampah-sampah dalam darah. Selain itu, ginjal juga menyaring bahan-bahan tidak berguna pada air yang masuk ke dalam tubuh agar mineral di dalamnya dapat terserap optimal. Karena itu, disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih pada pagi hari. Kurang konsumsi air putih dapat mengakibatkan darah yang disaring dalam ginjal menjadi kental sehingga tidak dapat mengalir normal ke organ-organ tubuh yang lain.

Pukul 07.00-09.00 PM

Perikardium atau yang sering disebut selaput jantung bekerja aktif pada rentang waktu ini. Fungsi dari perikardium ialah untuk melindungi jantung dari bakteri patogen luar atau semua hal-hal yang beresiko akan mengganggu kerja jantung.

Dengan mengetahui jam kerja organ tubuh manusia, kita bisa mulai merancang kembali untuk memperbaiki pola hidup sehat. Selain itu, mengetahui jam kerja organ juga dapat membantu dalam proses pengobatan. Apabila pengobatan suatu organ dilakukan sesuai dengan jam kerja aktif organ tersebut, maka obat yang masuk atau terapi yang dilakukan akan lebih cepat memberikan efek terhadap tubuh.

MasyaaAllah. Betapa sempurnanya Allah swt mengatur mekanisme kerja tubuh manusia. Oleh karena itu patutlah kita untuk senantiasa bersyukur dan menjaga apa-apa yang telah diberikan Allah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua. Aamiin.

Palembang, Ramadhan 1439H.