Optimalkan Ramadhanmu

0
41
bulan ramadhan

Optimalkan Ramadhanmu

Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman

***

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Ramadhan adalah bulan yang mulia bagi umat Islam. Mengapa? Karena, Ramadhan adalah bulan yang Allah pilih untuk menurunkan Al Quran yang mulia di salah satu malamnya; yang mana malam itu lebih baik dari seribu bulan.

Tentang hal ini, Allah berfirman: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Ibnu Katsir rahimahullah tatkala menafsirkan ayat yang mulia ini mengatakan, ”(Dalam ayat ini) Allah Ta’ala memuji bulan puasa –yaitu bulan Ramadhan- dari bulan-bulan lainnya. Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah pilih sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ’alaihimus salam.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 2/179)

Selain itu, dalam sebuah hadits disebutkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.” (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim dengan lafadz riwayat Bukhari)

Nah, dari hadits ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya saat Bulan Ramadhan tiba; Allah akan membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka, serta membelenggu para setan. Sehingga bulan ini adalah bulan yang mengkondisikan seorang muslim untuk selalu berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan serta dosa. Kita juga bisa mengoptimalkan amalan kita di bulan ini.

Lalu, apa sajakah amalan yang bisa kita optimalkan di bulan ini?

  1. Puasa.

Sudah pasti, amalan yang paling utama pada bulan Ramadhan adalah puasa. Karena pada dasarnya, puasa pada bulan Ramadhan diwajibkan oleh Allah. Bahkan, Allah menjadikan puasa Ramadhan menjadi salah satu rukun Islam.

  1. Sholat Malam (tarawih).

Sholat malam merupakan amalan yang bisa dilakukan di bulan apapun. Namun, Qiyamullail di bulan Ramadhan memiliki keutamaan sendiri. Karena, barangsiapa yang mengerjakannya karena iman dan mencari pahala

Hal ini, dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

  1. Memperbanyak tilawah.

Membaca Al Qur’an adalah salah satu amalan yang harus dioptimalkan di bulan ini. Karena, pahala di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan. Begitu pula dengan pahala membaca Al Quran.

  1. Sedekah.

Sedekah yang paling utama, adalah sedekah di bulan Ramadhan. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasanya di bulan ini, semua amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwasanya sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.

  1. Memperbanyak Berdoa

Di bulan Ramadhan, ada sebuah waktu yang mana doa di dalamnya mustajab dan tak tertolak. Kapankah waktu itu?

Waktu itu adalah ketika seorang muslim berbuka puasa.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah,  “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah no. 1753)

Maka perbanyaklah doa di waktu mustajab tersebut.

Inilah beberapa amalan yang harus kita optimalkan di Bulan Ramadhan. Semoga Ramadhan kita tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

***

Salatiga, 20 Mei 2018