24.7 C
Jakarta
Tuesday, January 26, 2021

Mencari Keberkahan di Pagi Hari

Must Read

Antara Banjir Dan Kegagalan Sistem Kapitalisme

Banjir Buah Kegagalan Sistem Kapitalisme Oleh: Devita Deandra (Aktivis Muslimah) Awal tahun 2021 ini di warnai duka dan bencana yang datang...

Golput Meningkat, Demokrasi Menuju Sekarat?

Golput Meningkat, Demokrasi Menuju Sekarat? Oleh : Fani Ratu Rahmani (Aktivis dakwah dan Penulis) Istilah golput atau golongan putih ini sudah...

Kampus Merdeka: Kala Akademisi Tunduk pada Titah Korporasi

Kampus Merdeka: Kala Akademisi Tunduk pada Titah Korporasi Oleh : Ummu Hanan (Aktifis Muslimah) Konsep kampus merdeka memunculkan pro dan kontra....




Keberkahan | Matahari mulai menampakkan sinarnya yang menghangatkan. Ia mulai tersenyum memandang setiap insan yang mulai menggerakkan sendi dan ototnya untuk memperoleh karunia dari-Nya. Ya, memanglah setiap insan setiap paginya harus beraktifitas dan bekerja untuk mencari karunia dari Allah Yang Maha Memberi. Memang benar, rizki setiap orang sudah ditentukan. Namun, tidaklah rizki itu akan ada di tangan jikalau kita hanya berpangku tangan. Ia akan kita dapatkan jika diri ini berusaha dan berikhtiar maksimal dalam mengambilnya.

Sehingga, pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk memulai aktifitas ini. Di pagi hari, energi yang kita miliki masih sangat banyak dan ini pasti bisa digunakan untuk melaksanakan banyak aktifitas. Selain itu, pagi hari merupakan waktu yang diberkahi.

Sari Sahabat Shikhr Al Ghomidi, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda,
“Ya Allah, berkahilah ummatku di waktu paginya.”

(Hadits Riwayat Abu Daud no. 2606. Hadits ini dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Daud)

Sahabat Shokhr (yang meriwayatkan hadits ini) adalah seorang pedagang. Dia biasa membawa barang dagangannya ketika pagi hari. Karena hal itu dia menjadi kaya dan banyak harta .

Sudah pasti, apa yang dimulai lebih pagi akan mendapatkan lebih banyak waktu. Dan jika kita mendapatkan banyak waktu, maka kita akan mendapatkan lebih Banyak hasil dari apa yang kita usahakan. Semisal kita berjualan, jikalau semakin pagi kita berangkat, maka insyaAllah semakin banyak pula pembeli yang kita dapatkan. Begitu pula dengan hal-hal lain yang kita perjuangkan dalam hidup ini. Hendaknya kita memulai semuanya di awal waktu agar hasil yang diperoleh makin maksimal.

Jikalau kita berada di pagi hari, janganlah menunda apa yang bisa kita dapatkan pagi itu sampai siang hari. Begitu pula jika kita berada di siang hari, jangan sampai kita menundanya sampai sore hari. Apapun yang bisa dilakukan saat ini, maka segeralah kita lakukan.

Saat meriwayatkan sebuah hadits, Ibnu Umar berkata, “Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.”

Begitulah yang hendaknya kita lakukan. Terutama, jika kita bisa semakin pagi memulai aktivitas dan apa yang bisa kita lakukan di pagi hari. Karena sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah dalam doanya, semoga Allah memberkahi ummat ini di waktu paginya.

Mari kita bangun lebih pagi, dan meraih keberkahan darinya.

Oleh : Ahmad Yusuf Abdurrohman

***

Jakarta, 6 Mei 2018

0
0
vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
- Advertisement -

Latest News

Antara Banjir Dan Kegagalan Sistem Kapitalisme

Banjir Buah Kegagalan Sistem Kapitalisme Oleh: Devita Deandra (Aktivis Muslimah) Awal tahun 2021 ini di warnai duka dan bencana yang datang...

More Articles Like This

0 0 vote
Article Rating
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x