5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merawat Diri

0
126
make up

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merawat Diri

Oleh : Bunda Haifa

Merawat diri seharusnya merupakan implementasi atas rasa syukur manusia kepada Allah yang telah memberi nikmat tubuh yang sempurna. Oleh sebab itu,dalam melakukan perawatan diri harus sesuai dengan rambu-rambu yang ditetapkan oleh Allah. Agar aktifitas merawat diri tidak bertentangan dengan syari’at dan menjadikan manusia menjadi lebih baik maka ada 5 poin penting yang harus kita perhatikan sebelum merawat diri.

1. Niat

Ketika akan melakukan hal apapun, harus diawali dengan niat yang lurus yaitu ikhlas karena Allah. Niat karena Allah selain menjadi syarat utama diterima amal perbuatan manusia oleh Allah juga bisa menjadi semacam alat filter bagi manusia. Orang yang melakukan sesuatu dengan niat ikhlas karena Allah tentu akan memperhatikan syarat dan ketentuan agar tidak melanggar syariat Allah. Dia tidak akan menempuh segala cara agar apa yang diinginkan tercapai. Dengan niat ikhlas karena Allah dalam merawat diri,selain akan mendapatkan hasil yang ideal,insya allah akan mendapat pahala.

Ikhlas merawat diri itu menurut saya sebagai tanda syukur kepada Allah dan bila sudah mempunyai pasangan bisa untuk menyenangkan pasangannya. Misalnya istri merawat tubuh dan wajahnya karena ingin menyenangkan suaminya atau suami merawat tubuhnya untuk menyenangkan istrinya.

2. Menggunakan Cara yang Syar’i

Islam agama yang sempurna yang mana segala hal diatur sedemikian detil ,termasuk dalam merawat diri. Islam punya aturan tersendiri terkait cara merawat diri. Merawat rambut adalah salah satu hal yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. “Barangsiapa mempunyai rambut maka hendaknya dia memuliakannya ( HR. Imam Abu Dawud) Menurut yang saya baca dari keterangan hadist tersebut ,memuliakan rambut dapat dilakukan dengan cara membersihkan dan menyisirnya.

Selain anjuran memuliakannya, juga ada larangan dalam hal perawatan rambut ini,seperti dilarang memotong rabut sebagian dan meninggalkan sebagian atau disebut al gaza . “Rasulullah SAW melarang Al qaza. “ (HR. Al Bukhari dan Muslim ) . Meski ada anjuran memuliakan dengan cara membersihkan dan menyisirnya namun kita dilarang berlebihan dalam menyisir karena dapat melalaikan diri dari perkara-perkara yang lebih penting .

Selama hidup Rasulullah SAW hanya sakit 2 kali yaitu ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi dan menjelang wafat. Rasulullah SAW sangat memperhatikan pola makan maka tidak heran tubuh beliau begitu terawat hingga sehat dan bugar selalu bahkan racun pun tidak mempu membunuhnya. Pola makan yang baik akan otomatis merawat tubuh kita. Maka jika ingin tubuh terawat dengan baik,contohlah pola makan Rasulullah SAW.

Islam juga melarang mencukur alis, membuat tato,merubah bentuk tubuh yang sudah dianugrahkan oleh Allah . Ini hanya sedikit sekali kaidah dalam merawat tubuh yang saya utarakan , kaidah lainnya sangat banyak.

3. Menggunakan Bahan Halal

Dalam merawat tubuh dan wajah,biasanya menggunakan produk-produk pendukung,misalnya untuk muslimah tersedia berbagai krim perawatan wajah. Kian hari krim jenis ini kian banyak jenisnya ,baik produk lokal ataupun impor. Produk untuk perawatan tubuh pun kian menjamur. Hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih produk perawatan tubuh dan wajah adalah mengenai kehalalannya.

Pastikan produk-produk perawatan tersebut sudah teruji kehalalannya oleh lembaga yang berwenang. Untuk di Indonesia, biasanya ada logo halal dari MUI di kemasan produk. Setelah kehalalannya sudah pasti, barulah pilih mana yang cocok dengan tubuh dan wajah kita. Kita bisa memanfaatkan website www.halalmui.org untuk mengecek kehalalan produk perawatan yang ingin kita gunakan.

4. Tidak Berlebihan

Meskipun merawat tubuh dan wajah dalam rangka bersyukur atas nikmat Allah tetapi sebaiknya kita proposional, tidak berlebihan, tidak menghabiskan waktu,tenaga,dan biaya hanya untuk merawat diri. Banyak fenomena terjadi di mana mengeluarkan biaya yang sangat banyak demi mendapatkan bentuk tubuh dan paras wajah yang ideal,seperti melakukan operasi perbaikan hidung, pipi, dan lain sebagainya. Larangan berlebih – lebihan ini bisa kita dapatkan dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 31. Selain dilarang berlebih-lebihan, kita juga dilarang merubah bentuk ciptaan Allah sepert

5. Menghindari Sifat Bangga diri

Bangga diri adalah penyakit yang hati yang bisa hinggap di hati siapa saja, termasuk seorang muslimah. Menjadi impian semua muslimah untuk tampil terawat ,segar ,dan sehat maka berbagai bentuk perawatan diri dilakukan. Sampai di sini sebenarnya tidak ada masalah selama cara-cara yang digunakan halal dan baik. Tetapi ada yang harus dikoreksi ketika ada hal yang menyimpang yang dilakukan oleh seorang muslimah dalam kegiatannya merawat diri ini.

Satu contoh yang sering kita saksikan adalah seseorang melakukan satu perawatan wajah. Perubahan setelah perawatan tersebut sangat siginifikan,mulanya kusam berubah menjadi cerah dan segar namun perubahan tersebut membuat dirinya sering memamerkan wajahnya ke khalayak umum.

Atau ketika seseorang merawat tubuhnya yang awalnya obesitas,kini mencapai berat badan ideal. Dia dengan berbagai gaya memamerkan tubuhnya di akun media sosialnya. Tentu hal ini tidak bagus dilakukan oleh seorang muslimah. Bukan ingin menghakimi niat seseorang ,namun tipu daya setan kadang sangat halus.

Bisa jadi kita terperangkap pada bujuk rayu setan untuk mempunyai rasa bangga diri dengan wajah cerah dan berat badan ideal yang sudah kita capai. Maka menurut hemat saya, hal hal seperti di atas lebih baik dihindarkan.