Tips Merawat Mata Bayi

0
71
bayi imut

Pentingnya Merawat Mata Bayi

Oleh : Pipit Era Martina

Merawat bayi ternyata tidak semudah yang dibayangkan, apalagi bayi yang baru lahir. Tidak semua ibu bisa dan mengerti bagaimana cara merawat buah hatinya dengan benar. Padahal jika tidak dirawat dan di jaga kebersihannya dengan benar, banyak hal yang mengancam kesehatan bayi. Karena tubuh bayi yang baru lahir masih sangat rentan dan beresiko jika orang tua kurang jeli dalam menjaga kebersihan serta kesehatannya. Nah, salah satu anggota tubuh bayi yang harus benar-benar di jaga adalah kesehatan matanya.

Pada bayi yang baru lahir tidak semua bisa langsung membuka matanya, ada yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk bisa membuka matanya dengan baik. Perlu diketahui, bahwa pada mata terdapat sumber air mata yang terletak di atas mata. Dari hasil penelitian membuktikkan bahwa setiap 3 detik, sumber air mata akan mengeluarkan airmata, yang kemudian mengalir ke saluran di ujung tengah mata dekat hidung. Pada bayi baru lahir, karena di kandungan belum pernah menangis, maka sumber air mata belum bisa berproduksi. Jadi, salurannya masih tertutup. Bisa juga, kadang terbuka tapi lalu menutup lagi, sehingga air mata yang seharusnya sudah mengalir jadi tergenang.

Air mata yang di hasilkan dari sumber air mata bisa dikatakan bersifat aneh, karena air mata yang telah keluar dari sumber air mata ini dapat membunuh kuman untuk beberapa menit, akan tetapi setelah lewat beberapa menit, air mata tidak dapat membunuh kuman lagi, sebaliknya, justru akan menjadi salah satu makanan bagi kuman. Jadi, bila air mata tergenang atau tak mengalir, akan mengakibatkan tumbuhnya kuman – kuman yang kemudian akan menimbulkan tahi mata atau biasa disebut dengan belek.

Belek yang berlebihan pada mata bayi jika tidak rutin di bersihkan bisa membahayakan kornea mata bayi, kemungkinan yang cepat terjadi ialah sembab atau iritasi. Terlihat mudah namun tidak boleh di sepelekan, ada beberapa bayi yang memiliki belek berlebih. Nah jika bayi bunda seperti itu, maka bunda harus lebih rutin membersihkannya untuk mengurangi resiko bertambahnya belek pada mata sekaligus mencegah terjadinya iritasi.

Untuk membersihkan serta mencegah terjadinya belek berlebih, kita perlu melakukan pemijatan di area sudut mata dengan menggunakan jari yang tak berkuku panjang,  menggunakan cotton buds atau kapas steril yang sudah di basahi dengan air matang. Lalu  pijat lembut mulai dari sudut mata ke bawah dan ke arah hidung, lakukan selama 5-10 kali. Hal ini dapat dilakukan sekitar 3-4 kali dalam seminggu, karena setelah dilakukan pemijatan, pada umumnya saluran air mata telah terbuka dengan baik dan akan berfungsi secara normal. Hal yang harus selalu di ingat adalah gunakan satu kapas untuk satu mata, tujuannya ialah untuk memastikan air tidak menetes dari mata yang sedang dibersihkan ke mata yang lainnya. Serta jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area mata bayi.

Kapan waktu yang baik untuk melakukan pijatan pada mata bayi? Sebenarnya, kapan pun pijatan pada mata bayi bisa di lakukan, akan tetapi waktu yang lebih baik ialah di saat pagi hari sembari bayi berjemur. Melakukan pijatan perlahan di area mata sembari berjemur dapat membuat bayi lebih rileks, nyaman dan tentunya kesehatan untuk mata lebih terjaga.

Perhatikan sekeliling mata, jika keluarnya belek di iringi dengan kemerahan di area sekitar mata atau kelopak mata dan belek berwarna kuning kehijauan, bayi mulai rewel serta mata terlihat membengkak atau iritasi, disarankan untuk segera membawanya ke dokter memastikan kesehatan mata bayi. Jangan cepat mengambil tindakan dengan meneteskan obat atau apapun pada mata bayi jika belum diketahui pasti penyebabnya.

Pada umumnya, bayi akan berhenti mengalami kondisi mata lengket  begitu mencapai usia sekitar enam bulan. Jika kondisi mata lengket tetap terjadi setelahnya, segeralah minta dokter anak untuk merujuk ke dokter spesialis mata anak.

Nah, itu dia bunda perawatan dasar pada mata bayi yang baru lahir. Banyak ibu yang seringkali menganggap sepele tahi mata atau belek, semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan para bunda untuk bisa lebih menjaga kesehatan bayi terutama di area mata. Jangan sampai lalai dalam perawatan, karena hal kecil yang terabaikan bisa menimbulkan hal besar bahkan membahayakan. Semoga bermanfaat.

Malang, 29 April 2018