Inilah Sedekah Bagi Setiap Ruas Tulang

0
168
pagi dhuha

Inilah Sedekah Bagi Setiap Ruas Tulang
Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman

Mentari pagi mulai muncul dari ufuk sebelah timur, cahayanya yang sedikit redup akan menghangatkan apa saja yang disentuhnya. Beberapa menit kemudian, ia akan mulai meninggi dan meninggalkan tempat terbitnya. Pada saat itulah ada sebuah waktu yang baik untuk meletakkan dahi kita ke tanah seraya mendekatkan diri pada Allah; Pencipta alam semesta beserta seluruh isinya.

Ya, itu adalah waktu Dhuha. Waktu di mana Islam menyariatkan untuk melakukan sebuah sholat yang dibeei nama dengan nama waktu pengerjaannya; sholat Dhuha.

Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan oleh seorang Muslim ketika melaksanakan ibadah sunnah ini. Salah satunya adalah bahwasanya dua rakaat shalat Dhuha setara dengan bersedekah untuk setiap ruas tulang persendiannya.

Berapakah jumlah ruas tulang yang dimiliki oleh Manusia?
Berdasarkan ilmu tentang anatomi tubuh, disebutkan bahwasanya ruas tulang pada manusia berjumlah sekitar 360 ruas.

Coba bayangkan, jikalau kita diperintahkan untuk bersedekah bagi 360 ruas tulang tersebut setiap paginya. Apakah kita mampu melaksanakannya?
Namun Allah Yang Maha Pemurah memberikan keringanan kepada kita dengan cukup melaksanakan dua rakaat shokat Dhuha.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda, “ Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at .” (HR. Muslim, no. 720)

Menjelaskan hadits ini, Imam Nawawi Rahimahullah berkata, “Hadits ini merupakan dalil tentang besarnya keutamaan dan kedudukan shalat Dhuha, dan bahwa dia sah jika dilakukan sebanyak dua rakaat.”
(Syarh Muslim, oleh Imam Nawawi)

Dalam sebuah hadits Qudsi juga disebutkan, “Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.’” (HR. Ahmad, 5:286; Abu Daud, no. 1289, Tirmidzi, no. 475; Ad-Darimi, no. 1451. Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih .)

Berdasarkan apa yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengenai Sholat Dhuha ini, sudah jelas bahwasanya ibadah ini merupakan ibadah yang memikiki keutamaan yang besar.

Semoga Allah menuntun kita dan memudahkan kita semua untuk selalu istiqomah menjalankan salah satu ibadah yang bernilai pahala tinggi ini. ^^

***
Jakarta, 24 Februari 2018