Bersegera Dalam Kebaikan

0
44
kebaikan

Bersegera Dalam Kebaikan

Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman

***

Islam adalah agama yang mencintai kebaikan, serta  menyeru ummatnya untuk selalu berbuat baik; di manapun, kapanpun dan kepada siapapun.

Bahkan, Islam memerintahkan untuk berbuat baik meskipun pada hewan sembelihan.

Ini tercermin dalam sebuah hadits Rasulullah,

Dari Syaddad bin Aus, ia berkata : Dua hal yang aku hafal dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik pada segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan baik. Dan apabila kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik, hendaklah salah seorang diantara kalian menajamkan pisaunya, danmudah kanlah penyembelihannya”. [HR.Muslim juz 3, hal. 1548]

Selain itu, Islam juga selalu menyeru untuk bersegera dalam melakukan amal shalih kebaikan serta tidak menunda-nundanya. Karena, menunda kebaikan adalah hal yang tak baik.

Tentang hal ini, Allah berfirman dalam salah satu ayat di kitab-Nya yang mulia,

“Dan Bersegeralah menuju ampunan Tuhanmu dan bersegeralah menuju surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS: Ali Imran; 133)

Dalam ayat ini disebutkan bahwasanya Allah memerintahkan umatnya untuk bersegera dalam meminta dan memperoleh ampunan dari Allah. Karena bagi orang yang bersegera dalam bertaubat dan meminta ampunan pada Allah, ia akan beroleh surga yang luasnya melebihi langit dan bumi.

Sungguh sebuah kemuliaan besar bagi seorang yang mau bersegera menuju ampunan Allah dan kembali pada jalan yang lurus sebagaimana Allah gariskan.

Dalam ayat lain, Allah Ta’ala memerintahkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Mengapa? Karena sungguh, kebaikan tak akan menghasilkan kecuali kebaikan pula.

Allah berfirman, “Berlomba-lombalah dalamkebaikan.”

(QS. Al Baqarah: 148).

Maksud ayat ini, kata Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin adalah jadilah yang nomor satu dalam melakukan kebaikan.

(Syarh RiyadhusSholihin , 2: 6).

Seringkali ketika kita bisa melakukan suatu kebaikan, ada rasa ingin untuk menunda pelaksanaan kebaikan itu. Padahal, jikalau kita bersegera dalam berbuat baik, kita akan memperoleh keutamaannya pula.

Jangan sesekali kita menunda kebaikan. Jikalau kita bisa melakukannya saat ini, maka lakukanlah. Jangan menunggu sampai sore hari atau esok pagi. Karena kita tidaklah tau, apakah pada waktu itu kita bisa melakukannya ataukah tidak.

Cukuplah Sabda Rasulullah ini mengingatkan diri kita,

Dari Ibnu Umar radhiallohu ‘anhuma beliau berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah memegang kedua pundakku seraya bersabda, “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau musafir.” Ibnu Umar berkata,“Jika engkau berada di sore hari jangan menunggu datangnya pagi dan jika engkau berada pada waktu pagi hari jangan menunggu datangnya sore. Pergunakanlah masa sehatmu sebelum sakit dan masa hidupmu sebelum mati.” (HR. Bukhori)

Maka, lakukanlah segala kebaikan yang bisa kaulakukan saat ini juga. Janganlah menundanya lagi. Marilah kita berbagi kebaikan. Karena kebaikan tak akan akan hilang, di manapun kita menanamnya.

***

Jakarta, 25 Januari 2018