Mengenal 3 Kota Suci Islam

0
258
masjidil haram

Saat datang waktu sholat, seruan Azan merdu terdengar, jutaan umat Islam sujud dan rukuk menghadap kiblat, menghadap Ka’bah di Mekah al mukaromah.

Islam adalah agama dengan jumlah pengikut terbesar kedua di dunia, dan memiliki 3 kota paling suci yang semuanya berada di timur tengah, tempat ajaran Islam bermula.

3 Kota Suci Ummat islam

masjidil haram1. Mekkah

Mekkah adalah kota Islam paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Mekkah ada Ka’bah atau hajar aswad. Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya yang bernama Ismail.

Di sana juga ada masjid suci yaitu Masjidil Haram. Ada juga sumur Zam-zam yang airnya suci dan tak pernah habis dikonsumsi. Haji Anda ke Mekah juga tidak lengkap tanpa berkunjung ke Arafah, dimana Nabi memiliki pesan terakhirnya kepada para sahabat. Terlepas dari ciri-ciri struktural ini, Mekkah adalah kota suci Islam dimana Nabi Muhammad lahir dan menerima wahyu dari malaikat Jibril.

masjid nabawi2. Madinah

Madinah atau madinah al munawarph mendapat julukan kota Nabi dan juga kota yang mendapat kehormatan memiliki masjid yang benar-benar dibangun sesuai dengan ajaran Islam. Ka’bah di Mekkah ada sebelum kemunculan Islam. Nabi Muhammad SAW harus melakukan hijrah dari Mekkah karena sekelompok musuh yang kuat berencana untuk menyerangnya. Tapi Madinah menyambutnya dengan tangan terbuka. Di sinilah beliau tinggal dan wafat serta dikuburkan. Masjid Nabawi atau yang dikenal dengan Masjid al-Nabawi dibangun di dekat rumah Nabi Muhammad SAW.

Kota madinah juga merupakan tempat bermulanya kekuasaan Islam. Para khulafaur rasyidin juga memimpin dunia dari kota ini.

Di kedua kota suci Islam, Mekkah dan Madinah, non-Muslim dilarang keras untuk memasukinya.

masjid al aqsa palestina3. Yerusalem

Ada sesuatu yang spesial dari kota ini. Kota suci Yerusalem merupakan kota suci Islam namun ada agama lain (Kristen dan Yudaisme) juga menganggap kota ini sebagai tempat suci mereka.

Yerusalem memiliki Masjid Al-Aqsa. Yerusalem juga merupakan kota dimana Nabi melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj. Beliau pergi ke Masjidil A’qsa dari tempat beliau menerima wahyu Allah, berdoa bersama para nabi sebelumnya hingga kembali ke Mekah.

Itulah 3 kota suci Islam. Di bulan suci Ramadhan ini memang saat yang tepat untuk menyegarkan ingatan kita tentang kekayaan sejarah dan peradaban Islam.