Inilah 3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajud

0
210
waktu sholat tahajud

3 Waktu Terbaik Untuk Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Dan hukum sholat tahajud adalah sunnah muakkadah, yang artinya sangat dianjurkan.

Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki fadhilah yang besar. Diantaranya telah disebutkan dalam beberapa hadits berikut ini :

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz-Dzariyat: 15-18)

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat” (HR. Ibnu Majah, dishohihkan oleh Al Albani)

“Suatu hari pernah diceritakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang orang yang tidur semalam suntuk tanpa mengingat untuk sholat, maka beliau menyatakan: “Orang tersebut telah dikencingi setan di kedua telinganya ” (Muttafaqun ‘alaih)

Rasulullah SAW juga menceritakan: “Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara kalian dengan 3 ikatan (simpul) ketika kalian akan tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu): “Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak.” Maka apabila (ternyata) ia bangun dan menyebut nama Allah Ta’ala (berdoa), maka terurailah (terlepas) satu simpul . Kemudian apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi Dan kemudian apabila ia sholat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Jika tidak (yakni tidak bangun sholat dan ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shalih)” (Muttafaqun ‘alaih)

Meskipun banyak sekali keutamaannya, namun sholat tahajud merupakan sholat yang berat untuk dikerjakan oleh sebagian besar kaum muslimin. Hanya sedikit yang mampu mengerjakannya karena mungkin terkait dengan waktu pelaksanaannya di saat orang sedang enak-enaknya tidur.

Sebenarnya berat atau ringannya pelaksanaan sholat ini tergantung besarnya azzam seseorang dalam ketaatan pada Rabbnya.

Dalam pelaksanaan sholat tahajud, ada 3 waktu terbaik yang wajib anda ketahui, yaitu :

1.Sepertiga malam yang pertama

Waktunya di mulai usai sholat isya sampai pukul 22.00. Untuk melaksanakan sholat tahajud sebaiknya diawali tidur dulu meskipun sebentar.

2.Sepertiga malam yang kedua

Rentang waktunya dimulai dari pukul 22.00  sampai pukul 01.00. Di waktu ini memang banyak orang susah untuk bangun malam.

3.Sepertiga malam yang ketiga (terakhir)

Waktu ini merupakan waktu yang paling utama. Yaitu antara pukul 01.00 hingga memasuki waktu subuh.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)

Itulah 3 waktu terbaik untuk sholat tahajud. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memudahkan kita semua untuk mengerjakan sholat yang memiliki fadhilah yang besar ini.Amiin.