Dzikir Pagi dan Sore dengan Al Ma’tsurat

0
194
alma'tsurat

Dzikir adalah salah satu metode pendekatan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan dzikir hati menjadi tenang, jiwa yang stabil dan merasakan keindahan dalam jalinan komunikasi dengan Allah. Dzikir secara bahasa artinya ingat. Sehingga jika seorang hamba banyak berdzikir, niscaya ia selalu ingat Allah dan semakin dekat dan shuyu’ kepada Allah.

Begitu banyak fadhilah dzikir yang disebutkan di dalam sunnah nabi. Diantaranya hadits berikut :

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لَا يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Dari Abu Musa radliallahu ‘anhu dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Permisalan orang yang mengingat Rabbnya dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya seperti orang yang hidup dengan yang mati.” HR Bukhari 5928.

Selain itu juga banyak sekali keutamaan dzikir yang disebutkan di dalam Al Qur’an, diantaranya :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ .الرعد : 28

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka tenang dengan dzikir kepada Alloh. Ingatlah, hanya dengan dzikrullah hati-hati menjadi tenang.” (QS. Ar Ra’du 28).

Sebagai hamba Allah yang baik, seharusnya melazimi dzikir setiap harinya, minimal dzikir pagi dan sore. Dalam sebuah riwayat disebutkan :

“Adalah Nabi saw, jika masuk sore hari membaca: amsaina Wa amsalmulku lillah… dan jika masuk pagi hari beliau membaca: ashbahna wa ashbahal mulku lillah,” (HR.Muslim).

Itulah kalimat dzikir yang diucapkan oleh Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam setiap pagi dan sore. Dan untuk memudahkan kita dalam mengamalkan dzikir pagi dan sore, alhamdulillah ada seorang ulama yang telah menyusun dzikir khusus pagi dan sore dengan nama “Al Ma’tsurat”. Beliau adalah Imam Syahid Hasan Al-Banna.

Di dalam buku kecil “Al Ma’tsurat” terdiri dari ayat-ayat pilihan dan lafal-lafal dari hadits Rasulullah Sholallahu ‘alai wa sallam. yang biasa beliau amalkan dalam wiridnya.

Kata ‘Ma’tsur’ artinya yang dituntunkan (ada riwayatnya) oleh Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga Al-Ma’tsurat sangat dianjurkan untuk kita amalkan setiap hari pada pagi dan sore hari.

Mari kita biasakan untuk berdzikir setiap hari minimal membaca Al Ma’tsurat karena dzikir merupakan karakter ulul albab (orang yang berakal). Wallahu a’lam bish showab.