Bergeraklah Untuk Meraih Amal Shalih

0
229
amal shalih

Wahidnews.com – Selayaknya seorang muslim itu senantiasa bergerak untuk menghasilkan keberkahan hidup. Sebagaimana pepatah arab mengatakan “Taharrok fainna Fil harokah barokah”, yang artinya bergeraklah, karena di dalam pergerakan itu ada keberkahan (kebaikan).

Bergeraklah untuk menangkap peluang-peluang amal shalih yang setiap hari berseliweran di hadapan kita. Karena keengganan kita dalam bergerak untuk mengambil peluang amal shalih, itu mengindikasikan lemahnya ghirah kita terhadap kebaikan. Dan lebih dekat dengan sifat-sifat kemunafikan. Naudzubillah.

Jika ghirah terhadap kebaikan sudah lemah, dan semangat fastabiqul khoirot sudah lenyap dari hati dan fikiran kita, maka hal ini berpotensi akan mematikan hati. Jika hati sudah mati, hilanglah kepekaan terhadap peluang kebaikan.

Ketika kepekaan terhadap peluang kebaikan atau amal shalih sudah hilang, maka kehidupan akan terasa hampa., seolah menjadi wujuduhu kaadamihi, keberadaannya sama seperti tidak ada.

Orang-orang semacam itu wajib segera dibangunkan dari kelalaian. Jangan sampai anugerah umur dari Allah disia-siakan begitu saja tanpa ada pergerakan untuk berlomba meraih amal shalih sebanyak-banyaknya. Lagi pula untuk apa kita hadir ke dunia ini kalau tidak untuk beramal shalih. Jika tidak menggunakan kesempatan hidup untuk amal shalih, niscaya kehidupan kita akan sangat rapuh dan dipenuhi kesedihan yang kadang-kadang tidak jelas asalnya dari mana.

Orang yang banyak berbuat amal shalih akan dijauhkan dari kesedihan, seperti yang disebutkan dalam surat al-Baqarah [2] 277

إِنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَءَاتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sembahyang dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Sahabat wahidnews, bergeraklah dan berlombalah untuk meraih kebaikan dan amal shalih, agar hidup menjadi semakin hidup, dan terciptalah keberkahan-keberkahan yang mengantarkan kita pada kebahagiaan. Semoga nasehat sederhana ini mampu menggerakkan hati untuk segera lari dari kelalaian dan sibuk untuk beramal shalih. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa membimbing kita dan semoga kita istiqomah. Amiin. (by : ilham)