Wikileaks Ungkap Peran Amerika Serikat Dalam Perang Di Yaman

0
123
berita wikileaks

WahidNews – Situs media massa pengungkap dokumen rahasia negara dan perusahaan publik “Wikileaks” kembali membuka peran Amerika Serikat dalam konflik bersenjata di Yaman, termasuk 500 dokumen rahasia milik kedubes AS di ibukota Sana’a.

Amerika Serikat berperan penting dalam mempersenjatai dan melatih pasukan militer Yaman sebelum pecahnya perang saudara dan kini menjadi sekutu pemberontak Syiah Houthi, ungkap Wikileaks dalam terbitannya hari Jum’at (25/11) kemarin.

Wikileaks menuding Amerika Serikat sengaja melatih dan mempersenjatai pasukan militer Yaman dengan daftar persenjataan, amunisi, pesawat, kapal dan kendaraan transportasi untuk mempersiapkan perang saudara yang meletus pada tahun 2014 kemarin.

Pendiri Wikileaks Julian Assange mengingatkan bahwa Amerika Serikat memiliki kepentingan yang sangat besar di wilayah ini, terutama Selat Bab el Mandeb dan Canal Suez yang menjadi bagian dari 11% jalur ekspor minyak dunia.

Perlu dingat bahwa persiapan dan pelatihan militer Yaman terjadi antara periode 2009-2013 dimana Hillary Clinton menjabat Menteri Luar Negeri AS dimasa pemerintahan Barack Obama.(Sumber : eramuslim.com)