25.2 C
Jakarta
Sunday, January 24, 2021
Array

Mari Berlomba Dalam Kebaikan

Must Read

Antara Banjir Dan Kegagalan Sistem Kapitalisme

Banjir Buah Kegagalan Sistem Kapitalisme Oleh: Devita Deandra (Aktivis Muslimah) Awal tahun 2021 ini di warnai duka dan bencana yang datang...

Golput Meningkat, Demokrasi Menuju Sekarat?

Golput Meningkat, Demokrasi Menuju Sekarat? Oleh : Fani Ratu Rahmani (Aktivis dakwah dan Penulis) Istilah golput atau golongan putih ini sudah...

Kampus Merdeka: Kala Akademisi Tunduk pada Titah Korporasi

Kampus Merdeka: Kala Akademisi Tunduk pada Titah Korporasi Oleh : Ummu Hanan (Aktifis Muslimah) Konsep kampus merdeka memunculkan pro dan kontra....




Terkadang, di dalam diri manusia ada rasa ingin menjadi yang lebih baik daripada orang lain. Itu lumrah. Dan bahkan, Islam menganjurkan untuk saling berlomba dan mendahului dalam hal kebaikan. Dan hal ini jugalah yang hendaknya kita lakukan sebagai seorang muslim yang baik.

Marilah kita menyimak sepotong ayat tentang hal ini. Allah berfirman, “Berlomba-lombalah kalian dalam kebaikan.” (QS. Al Baqarah: 148).

Nah, inilah ayat yang menjelaskan bahwa bagi seorang muslim, menjadi seorang yang berlomba untuk berbuat baik adalah sebuah keharusan. Bahkan hal ini harus menjadi prioritas utama.

Lalu, dalam hal apa sajakah kita berlomba? Banyak hal baik yang kita memang harus berlomba di dalamnya. Terutama dalam meraih kemuliaan di akhirat kelak.

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah mengatakan, “Para sahabat memahami bahwa mereka harus saling berlomba untuk meraih kemuliaan di surga. Mereka berusaha menjadi terdepan untuk menggapai derajat yang mulia tersebut. Oleh karena itu, jika di antara mereka melihat orang lain mendahului mereka dalam beramal, mereka pun bersedih karena telah kalah dalam hal itu. Inilah bukti bahwa mereka (berusaha) untuk menjadi yang terdepan.” (Lathoif Al Ma’arif, Ibnu Rajab Al Hambali)

Begitulah para sahabat Radiyallahu ‘anhum berlomba, agar dapat meraih kemuliaan di surga kelak. Yaitu, dengan cara berlomba dalam berbuat baik serta beramal shalih.

saling berlomba dalam kebaikanJikalau orang lain menggungguli kita dalam kemuliaan di dunia, unggulilah ia dalam kemuliaan di akhirat. Jadikanlah akhirat sebagai hal utama yang ingin kita raih. Hasan Al Bashri rahimahullah mengatakan, “Jika engkau melihat orang lain mengunggulimu dalam hal dunia, maka kalahkanlah ia dalam hal akhirat.”

Sebagian salaf juga mengatakan, “Jika engkau mendengar ada yang lebih taat pada Allah darimu, seharusnya engkau bersedih karena telah kalah dalam hal ini.” (Lathoif Al Ma’arif, Ibnu Rajab Al Hambali)

Coba kita renungkan kehidupan kita saat ini, apakah kita sudah berusaha untuk berlomba dalam kebaikan dan meraih kemuliaan di akhirat kelak?

Marilah kita berlomba dalam kebaikan.

***

Penulis : Ahmad Yusuf Abdurrohman

Jakarta, 08 Oktober 2016

0
0
vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
- Advertisement -

Latest News

Antara Banjir Dan Kegagalan Sistem Kapitalisme

Banjir Buah Kegagalan Sistem Kapitalisme Oleh: Devita Deandra (Aktivis Muslimah) Awal tahun 2021 ini di warnai duka dan bencana yang datang...

More Articles Like This

0 0 vote
Article Rating
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x