Iran Kirim Senjata untuk Syiah Hutsi, Yaman Protes ke Dewan Keamanan

0
108
syiah
Foto: Pemberontak Syiah Houtsi

Jakarta (WahidNews) – Aktifitas pengiriman senjata yang dilakukan oleh Iran kepada kelompok pemberontak Syiah Hutsi telah mendorong Yaman untuk mengadukan Iran ke Dewan Keamanan PBB.

Menteri luar negeri Yaman Abdel-Malek al-Mekhlafi. menyebut Iran berada di balik pengiriman senjata ke pemberontak Hutsi dan itu sebuah tindakan yang salah.

“Ada senjata baru yang datang dari Iran,” kata Mekhlafi di sela-sela pertemuan tahunan PBB, di New York, Sabtu (24/09).

“Tak mungkin menyembunyikan penyelundupan senjata yang masih terus berlangsung dari Iran. Sejumlah senjata itu telah ditemukan di perbatasan Saudi-Yaman dan senjata-senjata itu milik Iran,” terangnya.

yaman melaporkan syiah hutsiMekhlafi menambahkan bahwa pemerintahnya tengah mengurus surat protes kepada Dewan Keamanan PBB. Surat tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah bukti termasuk dokumen dan gambar.

Sebagaimana diketahui, kelompok Syiah Hutsi telah melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan sah Yaman dan berhasil menguasai ibukota Sanaa pada September 2014. Bekerja sama dengan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh, Hutsi juga disokong oleh Iran. Selain persenjataan teheran juga mengirimkan para penasihat militernya.

Sumber: Al Arabiya

Save

Save