Inilah Keistimewaan Istighfar

0
346
istimewanya istighfar

Keistimewaan Istighfar

Astaghfirullahal ‘adzim…

Kalimat tersebut tentu tak asing lagi dalam keseharian kita. Istighfar merupakan ucapan permohonan ampun kepada Allah yang dinilai paling ampuh dan bernilai tinggi bagi sebagian orang yang telah merasakan keajaibannya. Bahkan Rasulullah SAW dalam salah satu sabdanya mengajak kita untuk senantiasa beristighfar minimal seratus kali dalam sehari.

Mengapa kita dianjurkan untuk senantiasa beristighfar?

Setiap insan tentu pernah berbuat kesalahan dalam hidupnya. Kesalahan-kesalahan yang kita anggap hanya sebagai dosa kecil, namun jika dibiarkan bertumpuk tentulah akan menjadi hal yang merugi pula. Jika seharusnya dalam satu hari kita bisa mendapat banyak keberkahan dan rezeki dari Allah, namun karena ditutupi oleh tumpukan kesalahan kecil tadi maka rezeki Allah jadi tersendat untuk kita. Karenanya, kita dianjurkan untuk senantiasa memohon ampunan pada Allah SWT dengan mengucap istighfar.

Apa saja keistimewaan istighfar?

Keistimewaan istighfar yang pertama, membaca istighfar menjadikan kita memperoleh banyak kebaikan dari Allah SWT. Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah bersabda,

مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ     

“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah pasti akan selalu memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kelapangan dari segala kegundahan, serta Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud)

keistimewaan istighfarBegitu istimewanya kalimat istighfar hingga Rasul menyebutkan tiga faedah sekaligus dalam satu sebut. Barangsiapa yang mengucap istighfar, maka akan diberikan Allah jalan keluar dari setiap kesempitan, kelapangan dari segala kegundahan, dan rezeki yang tak disangka-sangka datangnya. Masya Allah, begitu banyaknya Allah menjanjikan kebaikan bagi kita jika kita mau berzikir.

Keistimewaan istighfar yang kedua, dapat menghilangkan segala kesusahan yang kita alami. Hal ini dapat dibuktikan relevannya dengan kisah Nabi Hud yang tercatat di dalam Al-Qur’an. Kala itu Nabi Hud memerintahkan ummatnya untuk bertaubat dan mohon ampun kepada Allah agar mereka diberikan kekuatan untuk tetap selamat dalam perang.

“Dan (dia berkata), ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa’.” (QS. Hud: 52). Kemudian turunlah hujan yang deras itu.

Begitu pun dalam kisah Nabi Nuh, Allah menghilangkan segala kesusahan dan kesulitan yang dialami ummat ketika mereka senantiasa menyebut istighfar.

“Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Ibnu katsir menafsirkan bahwa maknanya, jika kalian bertaubat kepada Allah, meminta ampun kepada-Nya dan kalian senantiasa mentaati-Nya, niscaya Ia akan membanyakkan rizki kalian menurunkan air hujan serta keberkahan dari langit, mengeluarkan untuk kalian berkah dari bumi, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan untuk kalian, melimpahkan air susu perahan untuk kalian, membanyakan harta dan anak-anak untuk kalian, menjadikan kebun-kebun yang di dalamnya bermacam-macam buah-buahan untuk kalian, serta mengalirkan sungai-sungai diantara kebun-kebun itu. (Tafsir Ibnu Katsir, 4/449)

Keistimewaan istighfar yang ketiga, istighfar menjadi pengaman atau penyelamat bagi umat dari azab dan bencana. Rasulullah SAW bersabda, “Allah telah menurunkan kepadaku dua pengaman atau penyelemat bagi umat dari azab dan bencana, yaitu keberadaanku dan istighfar. Maka ketika aku telah tiada, masih tersisa satu pengaman hingga hari kiamat, yaitu istigfar.”

Bahkan, Ibnu Abbas menuturkan bahwa ungkapan istighfar meskipun keluar dari pelaku maksiat dapat mencegah dari beberapa kejahatan dan bahaya. Beberapa hal di atas hanya berupa sebagian kecil dari manfaat beristighfar. Masih banyak lagi keistimewaan yang dimilikinya, namun setidaknya setelah membaca tulisan ini, teman-teman jadi bisa mengamalkan dan meyakini manfaat-manfaat yang telah diulas di atas.

Karena manusia tak pernah luput dari salah, maka sahabat, mari lebih rajin lagi beristighfar..

Palembang, September 2016

Keistimewaan Istighfar | Penulis : Aannisah Fauzaania