Wajah Mirip Tanda Berjodoh?

0
480
pernikahan syahdu
Suasana Syahdu Pernikahan Anak Ustadz Arifin Ilham, Bikin Baper!

Wajah Mirip Tanda Berjodoh?

(Oleh : Laila Husna)

Kadang terasa aneh dan membuat kita heran saat ada yang berkomentar perihal kemiripan fisik pasangan dijadikan dasar berjodohnya sepasang manusia.

“Waahh, mirip ya? Pantasan berjodoh.” Komentar itulah yang sering kita dengar, tiap kali seseorang melihat wajah sepasang pengantin yang memiliki kemiripan.

Tentang jodoh, Allah telah mengisyaratkan, bahwa wanita yang baik untuk lelaki yang baik pun sebaliknya. Di sini tak ada kejelasan kemiripan tentang raut wajah ataupun fisik. Sehingga menjadi hal aneh ketika kemiripan dalam hal fisik dijadikan sebuah patokan.

Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الأَرْوَاحُ جُنُوْدٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَا مِنْهَا اخْتَلَفَ

“Ruh-ruh itu seperti tentara yang berhimpun yang saling berhadapan. Apabila mereka saling mengenal (sifatnya, kecenderungannya dan sama-sama sifatnya) maka akan saling bersatu, dan apabila saling berbeda maka akan tercerai-berai.”

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah radhiyallâhu ‘anhu dan diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 3336 secara mu’allaq dari ‘Aisyah radhiyallâhu ‘anha.

Maka, jodoh yang dianggap mirip, bisa jadi karena kecocokan sifat.
Kecenderungan samanya sifat inilah yang mungkin mendekatkan pada kecocokan

Jodoh adalah pasangan yang Allah ciptakan untuk kita sesuai ketentuan-Nya.
“Maha Suci Allah yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.(Qs. Yasin: 36)

Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. (Qs.Azzukhruf:12)”

berjodoh dengan gadis chinaPasangan yang memiliki kecocokan hingga erat satu sama lain inilah yang menjadikan memungkinkan untuk menjadi sepasang suami istri.

Sebuah pasangan tidak akan pas jika tidak adanya kecocokan di dalamnya.
Seperti sepasang sepatu misalnya, mereka dikatakan sepasang karena memiliki kecocokan dan keserasian hingga mereka bisa menjadi sepasang sepatu yang pas untuk dipakai.

Coba bayangkan jika sepatu kiri merek A dipasangkan dengan sepatu kanan merek B tentu tidak cocok meski ukurannya sama karna beda tipe. Pun sebaliknya jika ukurannya yang dibedakan meski mereka setipe. Sepasang sepatu ini tetap tidak akan memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Baik tipe, mode dan ukuran maupun merek yang cocok satu sama lain.

Bisa jadi begitu juga dengan jodoh kita. Keserasian atau keselarasan dalam raut muka tidak memiliki kemiripan, tapi bisa jadi memiliki kecocokan dalam hal lain. Ingat, kecocokan tak dilihat dalam bentuk fisik atau yang terlihat mata hingga akan kembali pada argumen kemiripan tadi.

Hanya mereka-mereka yang memiliki kecocokan satu sama lainlah yang bersanding di pelaminan. Allah Maha Tahu kita cocoknya untuk siapa? Tepatnya untuk siapa? Dan pas dipakainya untuk siapa?

Bukankah istri-istrimu adalah pakaianmu, seperti firman Allah. Maka jika kita pakaian ia akan dipakai oleh pemakai yang pas untuk pemakainya.

Dan jika kita sang pemakai, maka pakaian yang cocok untuk kita tentulah sudah Allah persiapkan. Pakaian yang baik hanya untuk pemakai yang baik.

Wallahu a’lam bish-shawabi

Save