Jangan Mudah Menjelekkan Orang Lain

0
238
menjelekkan

Jangan Mudah Menjelekkan orang lain| Akhi wa Ukhti…. Saat kita membenci seseorang, marah dan kecewa, kita sibuk pada rasa kecewa dan marah itu, tanpa memikirkan bagaimana caranya mengintrospeksi diri. Manusia memang tempatnya salah dan dosa, tapi alangkah baiknya saat kita merasa kecewa kepada saudara sesama muslim, sibukkanlah diri untuk memperbanyak istighfar, mengintrospeksi diri sendiri, meski kesalahan sebenarnya bukan ada pada kita.

Saat kita kecewa dan marah pada saudara kita, banyak dari kita menjadi menjelekkannya, membenci bahkan memusuhinya hanya karena kesalahan yang mungkin kadang sepele saja.

Ketahuilah, Allah tidak suka pada permusuhan dan memusuhi saudara sesama muslim. Allah berpesan, jauhilah permusuhan.

Islam memberi batas seseorang yang saling bermusuhan hanya dalam waktu tiga hari, mengapa? Karena Allah tidak ingin hati kita kotor terlalu lama oleh dosa bermusuhan. Islam agama yang penuh kasih sayang, Islam adalah agama yang damai dan saling memaafkan.

jangan menjelekkan orang lain Tidak sedikit kita temui di kehidupan sehari-hari. Saat seseorang memiliki masalah dengan orang lain, ia sibuk menjelekkan, menggiring opini yang lainnya agar berpihak padanya yang merasa benar, kalau kesalahan bukan pada dirinya, diam dan saling introspeksi adalah cara yang terbaik.

Allah tidak suka hamba-Nya yang senang menjelekkan orang lain, apalagi saudara sesama muslim. Allah benci, karena itu perbuatan yang hina, mengotori hati kita.

Maka dari itu, meski harus susah payah, berusahalah menjadi manusia yang selalu mengintrospeksi diri sendiri. Selalu merasa menjadi manusia yang memang tempatnya salah, bukan selalu sibuk akan pembenaran sendiri, yang semua itu datangnya dari setan. Na’udzubillahi mindzaalik.

Ayo, mulai sekarang perbanyak istighfar kepada pada Allah, bersihkan hati kita dari rasa saling bermusuhan, saling membenci, iri dan dengki. Fokuslah pada kebaikan hati, lindungi hati kita agar noda hitam dalam hati kita tidak semakin mengotori hati yang merupakan tempatnya salah. Lindungi hati kita, meski susah percayalah Allah akan mengiringi langkah hamba-Nya, yang selalu berusaha menjadi manusia yang baik.

Ingat! Orang yang baik, tidak akan menjelekkan saudara sesama muslimnya.

Oleh : Najiyah