Ini Dia, Kota yang Dijuluki Negeri Di Atas Awan

0
1277
gayo

WahidNews – Apakah kalian pernah mendengar sebuah kota yang dijuluki dengan ‘Negeri di Atas Awan‘ ? Jika belum pernah, mari saya kenalkan. Kota dengan julukan tersebut adalah kota Takengon yang terletak di kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Kota yang menyimpan begitu banyak keindahan yang tidak pernah habis untuk dieksplor.

Kenapa kota ini disebut ‘Negeri di Atas Awan’, karena kota ini sangat terkenal dengan letak geologisnya yang sangat tinggi sekitar 1200 meter di atas permukaan dan memiliki suhu rata-rata sekitar 20 derajat celcius atau 68 fahrenheit.

Sepanjang jalan menuju kota ini kita dibawa mendaki tinggi sehingga bisa menyaksikan dengan jelas awan – awan yang berjalan mengelilingi pepohonan dan menerpa wajah. Begitu pun di tengah kotanya, awan – awan terasa sangat dekat mengelilingi kota walaupun di tengah terik matahari.

Untuk menuju kota Takengon (Negeri Di Atas Awan) harus menempuh tikungan yang berkelok-kelok dengan rute tanjakan perbukitan, dan menelusuri lereng-lereng gunung dengan jurang yang terjal. Sepanjang perjanan kita akan disuguhi dengan pepohonan yang rindang.

Dengan jalannya yang berliku-liku kadang membuat kepala sedikit pusing  bahkan bisa menyebabkan mual dan muntah bagi yang mabok kendaraan, namun akan terbalaskan dengan pemandangan alam yang begitu mempesona, menghipnotis dan memanjakan mata.

Menjelang tiba di kota Takengon (Negeri Di Atas Awan), indera penciuman akan digoda oleh aroma kopi Arabica Gayo. Kopi Arabica yang terkenal  di seluruh dunia. Sepanjang jalan memasuki kota takengon, sejumlah café akan menyambut kehadiran wisatawan yang menu utamanya secangkir kopi dengan berbagai varian.

Ada alvocado coffe, luwak coffe, kopi rosting yang disajikan dengan gula aren yang menggugah selera. Melintasi jalan Bireun – Takengon dan memasuki dataran tinggi Gayo, wisatawan akan disambut dengan lambaian daun kopi dari perkebunan seakan memberi tanda ucapan selamat datang.

Tiba di Takengon (Negeri Di Atas Awan), udara dingin mulai terasa, jadi diharapkan jika berkunjung jangan lupa membawa jaket tebal atau mantel.

Selain dijuluki “Negeri Di Atas Awan“, kota Takengon juga dijuluki serpihan surga yang tersembunyi, karena memiliki tempat wisata yang eksotis. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Takengon ;

1.Danau Laut Tawar dengan airnya yang dingin adalah tempat wisata kebanggaan masyarakat kota Takengon. Di sekelilingnya banyak disediakan tempat penginapan dan tempat rekreasi yang menyenangkan dan menenangkan.

danau negeri di atas awan

2.Loyang koro adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Loyang (gua), koro ( kerbau), jadi Loyang koro (gua kerbau) adalah sebuah gua yang penuh sejarah ketika Indonesia dijajah negara  terletak persis di pinggiran Danau Laut Tawar di kaki gunung Birah panyang, turun ke bawah sekitar 15 meter melalui bibir Danau dari jalan menuju kecamatan Bintang. Gua ini memiliki kedalaman kurang lebih 110 meter. Pengunjung bisa memasukinya dengan jalan setapak dan akan menemukan pemandangan yang asri.

goa loyang koro negeri di atas awan

3.Loyang Putri Pukes, adalah tempat sejarah yang melegenda. Legenda seorang putri yang menjadi batu karena melanggar amanah ibunya. Seorang putri yang menikah dan di amanatkan ibunya, jika telah sampai ke Pukes jangan pernah menoleh kebelakang. Eh, sang putri malah menoleh karena tak sanggup berpisah dengan ibunya. Akhirnya sang putri menjadi batu. Loyang Putri Pukes juga terletak dekat dengan Danau Laut Tawar.

loyang putri

4.Pantang Terong, sebuah villa yang terletak di bukit tertinggi di Aceh Tengah di ketinggian 1830 di atas permukaan. Dari Pantan Terong kita dapat melihat seluruh lukisan alam kota Takengon dan Danau Laut Lawar, serta dapat menikmati sunrise.

wisata

Walaupun Takengon (Negeri Di Atas Awan) menyuguhkan tempat wisata yang melenakan dan mempesona serta menghipnotis siapa saja yang pernah singgah dan akan membuat rindu untuk datang lagi, tetapi masyarakatnya tidak melupakan tempat – tempat ibadah. Di setiap lini wisata, pasti kita akan dengan mudah menemukan tempat sholat yang memang wajib disediakan.

Negeri Di Atas Awan | Di pusat kota, berdiri sebuah masjid megah nan mewah. Masjid Ruhama. Masjid kebanggaan umat muslim di Takengon yang terkenal dengan perda syariat islam yang kuat. Wisatawan Muslim dapat melaksanakan kegiatan ibadahnya dengan menikmati AC alami.

masjid besar di takengon

(Oleh : Ova yanti) | Negeri Di Atas Awan