Jurus Jitu Pengusir Sosok Gaib

0
451
sosok gaib

Oleh: Elisa D.S.

Dua puluh menit sebelum kelas berakhir, saya mematikan tombol off pada televisi dan player, lalu mendalami materi untuk pelajaran berikutnya. Listening sudah selesai. Siswa mengerjakan latihan di bangku masing-masing.

Tiba-tiba televisi menyala sendiri tanpa ada yang menyentuhnya. Saya dan siswa merasa terkejut. Saat mereka pulang, begitu menuruni tangga dan menuju ruang administrasi di lantai satu, ada perasaan tidak enak yang menyergap. Saya bisa merasakan kehadiran sesuatu yang tak tertangkap oleh indera penglihatan.

Saat berbincang-bincang dengan atasan sekaligus pemilik tempat saya bekerja, beliau mengakui bahwa memang ada sesuatu yang tak kasat mata di kantor tersebut.
Sahabat Wahid, percayakah anda dengan dunia lain? Sebuah dunia yang penghuninya bukan manusia? Sebagai orang beriman, tentu saja kita wajib percaya bahwa makhluk yang diciptakan Allah bukan terbatas pada manusia, tumbuhan, dan binatang semata. Ada ciptaan-Nya yang tak kasat mata dan berada di alam yang berbeda dengan kita.
Siapakah mereka? Allah SWT menjelaskan dalam firman-Nya di Q.S. Al Hijr: 26-27 yang artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.”

Sahabat Wahid, dari ayat di atas, sudah jelas bahwa Allah SWT menciptakan jin sebelum penciptaan manusia. Dan di manakah mereka berada? Allah menempatkan mereka di suatu tempat yang kita tidak bisa melihatnya, sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al A’raf: 27 yang artinya, “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.”

Dalam dunianya, mereka bisa melihat keberadaan kita. Tetapi kebalikannya, manusia tidak bisa melihat bangsa jin. Jadi, jika ada yang mengaku-aku bisa melihat jin atau makhluk gaib, bisa dipastikan kebohongannya, karena jelas-jelas bertentangan dengan ayat di atas.
Sebagai orang yang beriman, apa yang harus kita lakukan jika mengalami sesuatu yang misterius dan berhubungan dengan dunia gaib? Hanya satu. Berdoa kepada Allah SWT.

Membaca doa-doa perlindungan seperti Ayat Kursi, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas. Bisa ditambah dengan bacaan sebagai berikut, “A’uudzu bikalimaatillaahit tammaati min syarri maa kholaq,” yang artinya, “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala kejahatan yang telah Dia ciptakan.” Atau membaca doa, “A’uudzu bikalimaatillaahit tammaati min ghodhobihi wa ‘iqoobihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruun,” yang artinya, “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya dan siksa-Nya dan dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari bisikan-bisikan syaithan, serta dari kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Tirmidzi dan Nasa’i dalam As-Sunan Al-Kubra).

Sahabat Wahid, berhati-hatilah dalam menghadapi gangguan dari makhluk yang tak kasat mata. Lawan mereka dengan doa-doa yang diajarkan Rasulullah, bukan dengan jimat atau ‘pagar’ sebagai pelindung diri. Jangan sampai kita tergelincir dengan hal-hal yang bisa menjerumuskan ke dalam kemusyrikan.
Wallaahu a’lam bish-showabi.

Gresik, 14 Syaban 1437H/21 Mei 2016