Dirikanlah Sholatmu!

0
583
sholat di sawah

Oleh: Ahmad Yusuf Abdurrohman

Sholat, sebuah amalan wajib yang mesti dilakukan oleh seorang muslim. Setidaknya, sehari lima waktu. Mungkin, tak lama kita meluangkan waktu untuk rukuk dan sujud merendahkan diri di hadapan Pencipta kita. Sebagaimana telah kita semua ketahui, tujuan penciptaan jin dan manusia adalah hanya untuk beribadah kepada-Nya. Nah, salah satu ibadah yang harus selalu kita kerjakan adalah sholat lima waktu ini.

Allah mewajibkan sholat dalam banyak ayat-Nya. Salah satunya adalah firman Allah Ta’ala, “Tegakkanlah sholat, sesungguhnya sholat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya bagi orang yang beriman.” (Surat An Nisa’, ayat 103)

Dan dalam firman-Nya yang lain, “Jagalah sholat-sholat kalian, dan sholat wushtho ….” (Surat Al Baqarah: 238)

Tak hanya itu, selain Allah perintahkan sholat dalam kitab-Nya, Rasulullah SAW juga menjelaskan tentang sholat dalam banyak haditsnya. Beliau bersabda, “Islam dibangun atas lima perkara; Kesaksian bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, serta Muhammad adalah utusannya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji ke baitullah, dan puasa Ramadhan.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Itulah lima rukun islam yang sedari kecil sudah diajarkan oleh orang tua muslim kepada anak-anaknya. Agar ketika besar tertanam dalam jiwa anak-anaknya bahwa lima hal itu adalah sesuatu yang penting bagai mereka, dan juga mereka akan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Apakah keutamaan yang akan kita dapatkan ketika mengerjakan sholat?

Selain menjalankan perintah Allah yang memang sudah menjadi kewajiban, ternyata sholat juga menyimpan banyak hikmah. Di antaranya, sholat itu bisa membersihkan jiwa dan mensucikannya. Selain itu, sholat juga bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.

Allah berfirman tentang hal ini, “Dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (Surat Al Ankabut: 45)

Dalam sebuah hadits, disebutkan tentang keutamaan sholat lima waktu yang bisa mensucikan diri. Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (Hadits Riwayat Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Bagaimanakah sholat yang bisa mensucikan diri itu?

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah menerangkan, “Shalat yang bisa membersihkan kotoran dosa adalah shalat yang sempurna. Di dalam shalat tersebut dikerjakan secara sempurna, hati hadir dalam shalat dan seseorang yang shalat benar-benar bermunajat pada Allah. Jika demikian, setelah shalat, ia dapat apa yang ingin diraih yaitu pahala yang besar dan Allah menghapuskan kesalahannya.” (Syarah Riyadhis Sholihin: 5/49).

Marilah kita memperbaiki kualitas sholat kita. Supaya benar-benar bisa membersihkan diri kita dari kotoran-kotoran dosa yang senantiasa bertambah seiring bergulirnya waktu. Marilah kita mengerjakan sholat tepat pada waktunya. Itu adalah salah satu dari amalan yang paling utama.

Rasulullah pernah ditanya, ‘Apakah amalan yang paling utama?’ Rasulullah menjawab, “Sholat pada waktunya.” (Hadits Riwayat Muslim)

***

Jakarta, 14 Mei 2016