Mengintip Peluang Bisnis yang Laris Di Bulan Ramadhan

0
1205
peluang bisnis di bulan ramadhan

Oleh : A.Yahya Hastuti

Ramadhan merupakan bulan suci bagi kita, umat muslim. Di bulan ini kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Selain kegiatan ibadah ritual yang begitu semarak mewarnai hari-hari, kegiatan bisnis pun tak kalah semaraknya. Di sudut kampung, di teras rumah, pasar, dan mall mudah sekali transaksi dan closing bisnis kita temui. Maka tidak berlebihan jika sebagian orang menyebut Ramadhan sebagai bulan bisnis. Setidaknya begitulah yang terjadi di negara kita. Geliat bisnis di bulan Ramadhan dimulai sejak 3 sampai 2 bulan sebelum Ramadhan. Menjelang Idul Fitri geliat bisnis itu semakin menjadi. Saat seperti itu negara kita seolah-olah berubah menjadi negara yang hampir seluruh penduduknya berwirausaha.

Hampir tidak ada produk yang tidak mengalami lonjakan luar biasa di bulan suci yang hanya satu tahun sekali ini. Pakaian, makanan, tanaman hias, properti, tranportasi, alat-alat rumah tangga, furniture, produk kecantikan, dan produk lainnya dipastikan mengalami lonjakan penjualan yang luar biasa. Bazar, pameran, dan pasar kaget lebih sering digelar dengan waktu yang lebih lama dari biasanya. Toko, minimarket sampai supermarket melakukan berbagai promosi penjualan. Singkatnya, di bulan Ramadhan, dunia bisnis sedang on fire.

Peluang bisnis menampakkan dirinya bulat-bulat di setiap bulan Ramadhan. Maka, untuk kita yang mempunyai keinginan berbisnis namun belum memulainya dapat memanfaatkan bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang ini sebagai ajang latihan. Latihan berbisnis di bulan Ramadhan pastilah sangat menyenangkan karena hampir semua produk dan jasa laku di pasaran. Namun, tetaplah memilih peluang bisnis dengan hati-hati, sesuaikan dengan kemampuan, kapasitas, dan hal lainnya.

Berikut adalah peluang bisnis yang laris di bulan Ramadhan :
1.Bisnis makanan pembuka puasa dan makanan untuk sahur seperti gorengan, kolak, es buah, es campur, es kelapa, kue-kue kecil, dan lain sebagainya. Setiap sudut gang terdapat lebih dari 1 penjual makanan seperti ini. Meskipun sudah menjamur, kita masih mempunyai peluang untuk meraup keuntungan dengan penjualan makanan ini. Salah satu syaratnya adalah rasa yang enak, harga rasional, dan tampil beda. Kita dapat memanfaatkan teras rumah, garasi ataupun halaman rumah untuk menjual produk ini. Tentunya jika rumah kita dilalui oleh banyak orang. Kalaupun tidak memanfaatkan bagian dari rumah tersebut, kita masih bisa menjual di pasar kaget ataupun bazar Ramadhan yang banyak digelar di mall, komplek perumahan, dan lapangan.

2.Bisnis pakaian dan kelengkapannya. Baju, sepatu, sandal akan sangat laris di bulan ini karena orang membutuhkannya untuk menyambut hari raya Idul Fitri. 3 atau 2 bulan sebelum Ramadhan, konveksi-konveksi sudah kebanjiran pesanan barang-barang tersebut.

3.Kue kering sajian khas hari raya Idul Fitri seperti nastar, putri salju, biskuit, aneka coklat, dan lain-lain. Seperti sudah menjadi keharusan bahwa setiap meja di setiap rumah harus ada kue kering bila Idul Fitri tiba. Hal ini melahirkan peluang bisnis yang sangat menjajikan. Jika kita berkunjung ke sebuah bazar Ramadhan,akan kita saksikan berbagai jenis dan merek kue kering dijual. Dari yang berharga sangat murah hingga sangat mahal. Kita bisa menjadi reseller atau memproduksi sendiri produk kue kering ini.

4.Tiket pesawat dan alat transportasi lainnya. Tradisi mudik telah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Tadisi ini melahirkan peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk kita. Saat ini, penjualan tiket pesawat dapat mudah dilakukan secara online. Jika ingin berjualan pun cukup gunakan mesin pencari maka akan menemukan banyak sekali tawaran untuk menjadi penjual tiket pesawat.

5.Alat kelengkapan rumah tangga seperti gordin, taplak meja hingga cat dinding. Saling kunjung dan bersilturahim adalah salah satu tradisi yang muncul di hari raya Idul Fitri. Akan lebih menyenangkan tamu bila rumah tampak lebih rapi dan indah di hari raya karena biasanya saudara dari jauh yang jarang bersua pun akan berkunjung. Dan ini melahirkan satu peluang bisnis untuk kita.

6.Bunga hias. Bunga hias banyak diburu beberapa hari sebelum Idul Fitri. Untuk bunga hidup biasanya dijual pada malam Idul Fitri.

7.Perhiasan, baik perhiasan dari emas atau imitasi. Agama Islam sendiri menganjurkan agar berhias dan mengenakan pakain terbaik yang dimiliki ketika hari raya maka dilihat dari sisi bisnis ,hal tersebut adalah peluang. Tentu bahasan mengenai berlebihan atau tidak dalam, berhias dan berpakaian tidak dibahas di sini karena memang bukan ranah dalam tema tulisan ini.

8.Parcel. Tradisi saling berkirim hadiah di hari raya juga melahirkan peluang bisnis dengan untung yang fantastis yaitu bisnis parcel. Tidak sulit, lho membuat parcel.

9.Mainan anak. Tradisi salam tempel membuat anak-anak ‘kaya’ mendadak di hari Idul Fitri. Pada masa inilah mainan anak sangat laris.

10.Menjual daging sapi dan ayam. Idul fitri hari istimewa maka sebagian besar masyarakat menyajikan menu istimewa pula yaitu berbahan daging sapi ataupun daging ayam. Dua hari menjelang Idul Fitri, penjual daging sapi dan ayam ada di mana-mana, jalanan, lapangan, dan tentu saja pasar. Jika tidak mempunyai cukup modal, kita cukup menghubungi pemotongan sapi lalu meminta daftar harga kepada mereka lalu kita pasarkan dari rumah ke rumah. Teman saya pun menjalankan bisnis ini.

11.Menjual ketupat. Penjualan ketupat dimulai dua hari sebelum Idul Fitri tiba. Meskipun hanya ketupat yang berharga murah tapi tetap saja menjajikan. Kalau tidak,mana mungkin banyak orang yang mendadak menjadi penjual ketupat.

Nah, selamat mengambil peluang bisnis yang menjanjikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Aturlah waktu ,bagilah tenaga dan pikiran seadil mungkin sehingga manfaat Ramadan dari berbagai sisi bisa kita dapatkan secara sempurna yaitu kita menjalankan bisnis dan juga menjalankan ibadah ritual secara maksimal.