Ketika Fitnah Datang Menyapa, Apa yang Harus Kita Lakukan?

1
3869
api fitnah

Oleh : Ova Yanti

Mungkin diantara kita selama hidup pernah difitnah atau dituduh. Ada yang dituduh sebagai pembohong, egois, tidak punya perasaan, pengkhianat, pencuri, dituduh selingkuh, dikatakan dzalim, munafik, sesat, atau tuduhan-tuduhan lainnya. Padahal termasuk dzalim menuduh dan memfitnah orang lain dengan sesuatu yang tidak dilakukannya.

Fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Pepatah tersebut memang benar terjadi. Apa jadinya kalau kamu yang menjadi orang yang difitnah? Ya pasti sedihkan? Apalagi kalau yang memfitnah kamu ternyata orang yang pernah kamu tolong, teman kamu sendiri. Wah, sakit banget tuh. Air susu dibalas dengan air tuba, kata pepatahnya. Jadi bikin galau dan patah semangat. Semua aktivitas jadi terganggu gara-gara fitnah teman kamu itu.

Tenang, sahabat WN. Jangan balas teman kamu dengan memfitnah balik. Cukup lakukan beberapa langkah berikut dan selesai. Mau tau apa aja? Langsung simak yuks.

1.Minta perlindungan dari Allah SWT.

Berdoalah kepada Allah, semoga Allah selalu melindungi kamu disetiap keadaan. Dilindungi dari segala fitnah. Percayalah, kalau Allah Maha Tahu siapa yang salah dan siapa yang benar. Shalat istikharah untuk meminta bimbingan Allah adalah cara yang tepat mengklarifikasi atau membela diri. Meladeni dan membantah terkadang justru membuka pintu keburukan untuk kamu.

2.Kuatkan mental

Jika kamu difitnah dan kamu terlihat lemah, lesu dan tidak bersemangat, dapat dimungkinkan kalau hidup kamu akan tertekan. Jangan perlihatkan kelemahan kamu. Pegang teguh prinsip berani karena benar. Jangan pedulikan apa kata orang meskipun kamu dipandang negatif oleh mereka. Tunjukan dengan perbuatan kalau kamu memang benar.

3.Sabar

Sabar adalah benteng utama dalam menghadapi fitnah. Perbanyak dzikir dan istighfar agar kamu terhindar dari godaan setan untuk berniat membalas dendam dengan memfitnah balik. Jika kamu sabar dan ikhlas, semoga tuduhan dan fitnah ini dapat mengurangi atau menghapus dosa, menambah pahala, dan meningkatkan derajat kamu disisi-Nya.

4.Stop bertanya kenapa?

Berhentilah bertanya kenapa. Kenapa harus kamu, kenapa begini, kenapa begitu. Semua pertanyaan itu adalah perbuatan yang sia-sia yang membuang waktu kamu saja. Jangan pedulikan kata orang tentang kamu. Dan hal yang penting, jangan terlalu membela diri. Cukup katakan tidak dan diam. Orang akan semakin tidak percaya dengan kita kalau kita terlalu membela diri.

5.Bermuhasabah (introspeksi diri)

Mari introspeksi diri, meskipun kamu memang tidak bersalah. Carilah alasan kenapa kamu bisa difitnah. Mulailah dari diri kamu sendiri. Kalau memang ada sesuatu hal yang menjadikan dia benci kepadamu, maka perbaikilah. Jadilah seseorang yang lebih baik dari sebelumnya. Fitnah yang menimpa kamu bisa jadi merupakan teguran agar kamu kembali bertobat kepada Allah.

6.Buat semua orang percaya kepadamu.

Mungkin ini adalah langkah yang paling sulit kamu lakukan. Apalagi kalau kamu nggak punya teman baik. Semua memusuhimu. Bersikap baiklah dan jangan berusaha untuk sempurna. Cukup lakukan yang terbaik untuk semua orang, maka kamu akan mendapat balasannya.

7.Tunjukkan kepribadianmu yang sesungguhnya.

Ini adalah cara terbaik untuk membuat semua orang berpihak kepada kamu. Buktikan kalau memang kepribadian kamu memang berkualitas.

8.Balikkan semua fitnah yang kamu terima.

Ini semua tergantung fitnah apa yang ditujukan ke kamu. Lakukan hal-hal yang menjadi kebalikan dari fitnah tersebut. Misalnya, kamu di tuduh berbohong, ya jadilah orang jujur. Intinya, buktikan bahwa semua hal tersebut adalah fitnah belaka.

9.Maafkan dan berbuat baiklah pada yang memfitnah kamu.

Doakanlah orang yang memfinah agar Allah memberi petunjuk. Jika memungkinkan, nasehatilah dia secara langsung. Maafkan dia. Bila semua orang percaya kalau hal tersebut cuma fitnah, ini saatnya kamu memaafkan teman kamu itu. Jangan jahati dia, maafkanlah, dan berbuat baiklah. Balaslah keburukan dengan kebaikan. Ambil sisi positifnya saja, yakni kamu menjadi orang yang lebih sabar dari sebelumnya.

10.Yakinlah musibah fitnah merupakan kebaikan untuk kamu.

Si penuduh yang merugi karena dia telah melakukan kejahatan dan berhak memperoleh azab-NYA. Allah berfirman, “Janganlah kamu mengira berita (bohong) itu berita buruk bagi kamu, bahkan itu baik bagi kamu. Setiap orang dari mereka akan mendapatkan dosa yang diperbuatnya “ (QS. An Nur: 11)

Serahkan semuanya kepada Allah, karena Allah telah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan fitnah kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, kemudian mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka azab jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang sangat pedih”. (Q.S. Al-Buruj: 10)

Allah SWT. berfirman, “Wahai orang yang beriman! Jauhilah dari kebanyakan sangkaan, karena sesungguhnya sebahgian daripada sangkaan itu adalah dosa, dan janganlah kamu mengintip atau mencari-cari kesalahan dan keaiban orang, dan janganlah kamu mengumpat setengah yang lain. Adakah seseorang kamu suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Sudah tentu kamu jijik kepadanya. (Oleh itu patuhilah larangan tersebut) dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha penerima taubat dan Maha penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)

Untuk menghadapi mereka yang memerangi umat Islam, Allah S.W.T. berfirman: “Perangilah mereka sehingga tidak ada lagi fitnah dan agama itu hanya untuk Allah. Jika mereka berhenti (memusuhi kamu), maka tidak ada lagi permusuhan, kecuali terhadap orang-orang yang zalim.” (QS. Al-Baqarah: 193)

“Fitnah itu lebih besar dosanya daripada dosa membunuh (manusia yang tak bersalah), Allah S.W.T. berfirman yang maksudnya: “Berbuat fitnah lebih besar dosanya daripada membunuh.” (QS. Al-Baqarah: 217)

So, bersyukurlah jika ada orang yang memfitnah dirimu. Yakinkanlah, bahwa ia iri dan dengki akan keberuntunganmu. Dan dia tidak mampu sepertimu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu difitnah sama teman. Yang pasti, semua orang jahat sama kamu akan dibalas setimpal sama ALLAH SWT. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Takengon, 26 april 2016 / salam semesta dari negeri diatas awan.