Organisasi Syiah Hizbullat Telah Ditetapkan Sebagai Organisasi Teroris

0
210
syiah hizbullat

Wahidnews.com – Organisasi Syiah Hizbullat ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Liga Arab. Ketetapan tersebut menyusul penetapan serupa dari negara-negara Teluk pada pekan lalu. Penetapan Hizbullat sebagai organisasi teroris ini terjadi di tengah memburuknya hubungan Syiah Iran, dengan Arab Saudi.

Negara Teluk mengecam tindakan terorisme Syiah Hizbullat yang mendukung rezim Syiah Bashar Assad dalam perang Suriah.

Keputusan Liga Arab pada Jumat (11/3) itu disahkan oleh mayoritas Menteri Luar Negeri dari pan-Arab kecuali Libanon dan Irak yang menyatakan “keberatan,” menurut diplomat Bahrain, Wahid Mubarak Sayar.

“Resolusi Dewan Liga Arab (dari Menteri Luar Negeri) termasuk penunjukan Hizbullah sebagai kelompok teroris,” katanya sembari membacakan pernyataan di markas Liga Arab di Kairo, sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Sayar memaparkan bahwa Aljazair menyatakan akan mengamati keputusan, meskipun ia tidak memberikan rincian terkait hal itu.

Dia mengatakan bahwa resolusi Liga Arab mengecam “campur tangan Iran” dalam “urusan internal” negara-negara Arab, termasuk Bahrain yang diperintah oleh Muslim namun mayoritas penduduknya merupakan takfiri Syiah.

Januari lalu, Bahrain yang merupakan anggota GCC menyatakan telah membongkar sel teroris Syiah yang diduga terkait dengan Garda Revolusi Iran dan Hizbullat.

Saudi dan sejumlah negara Teluk juga mengecam dukungan Iran terhadap kelompok teroris Syiah lainnya, Houthi, di Yaman, serta berusaha untuk mengacaukan Pemerintahan di negara-negara Teluk.

Mereka juga mengecam aliansi Syiah dari rezim Suriah dengan Hizbullat dan sebaliknya mendukung kelompok pejuang Islam yang berjuang melawan kediktatoran Assad sejak 2011.

(cnnindonesia/WN)