MUI : Gerhana Matahari Total Jangan Dikaitkan dengan Mistik

0
136
gerhana

Jakarta (wahidnews.com) – Tahun ini akan terjadi gerhana matahari total, tepatnya pada hari Rabu 9 Maret 2016. Fenomena alam yang menakjubkan dan sangat langka ini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia sekitar pukul 7.30 WIB.

Dan uniknya, peristiwa gerhana matahari total ini hanya terjadi 33 tahun sekali. Karena ini merupakan fenomena yang sangat langka, lantas banyak pihak yang mengaitkan fenomena ini dengan hal-hal yang berbau mistik.

Oleh karena itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Ma’ruf Amin meminta kepada umat Islam agar tidak mengaitkan fenomena alam ini dengan hal-hal mistik.

Beliau menjelaskan bahwa, gerhana matahari merupakan salah satu bukti kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala yang bisa dijelaskan secara ilmu pengetahuan astronomi.

“Seperti dalam hadis Rasulullah Shallallah ‘alaihi wasallam, gerhana bukan karena ada matinya seseorang. Ini tanda-tanda alam, tanda kebesaran Tuhan. Jangan dikaitkan dengan yang mistik,” kata Kiai Ma’ruf seperti dikutip JPNN, Ahad (6/3/2016).

Sejumlah daerah di Indonesia akan mengalami GMT pada 9 Maret yang akan datang. Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebelumnya telah mengimbau masyarakat melaksanakan shalat gerhana pada 9 Maret nanti.

Sedangkan pengurus MUI di daerah-daerah yang mengalami GMT juga sudah mengeluarkan imbauan yang sama tentang pelaksanaan shalat gerhana.

Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa MUI Pusat secara kelembagaan tidak mengeluarkan imbauan kepada umat Islam untuk shalat gerhana.

“Itu imbauan MUI di daerah saja, yang memang di sana terjadi gerhana. Memang disunahkan shalat gerhana,” pungkas Kiai Ma’ruf.

(JPNN/WN)