Apple Mendapat Dukungan Dari 30 Perusahaan Teknologi Untuk Melawan FBI

0
207
perseteruan fbi dan apple

Apple didukung oleh 30 perusahaan teknologi untuk melawan FBI (Federal Bureau of Investigation)

Sebagaimana dilansir CNN (6/3/2016), ada 16 perusahaan teknologi telah memberi dukungan untuk Apple dalam urusan sengketa hukum enkripsi melawan FBI yang merupakan biro investigasi Amerika Serikat. Dengan dukungan yang terbaru ini berarti Apple telah mendapatkan dukungan lebih dari 30 perusahaan teknologi.

Ke-16 perusahaan yang mendukung Apple tersebut adalah Twitter, Airbnb, eBay, Linkedln, Square, Atlassian, Automatic, Cloudflare, Github, Kickstarter, Mapbox, Meetup, Reddit, Squarespace, Twilio, dan Wickr. Sebelumnya Apple juga telah dapat dukungan dari Google, Microsoft, Amazon, Cisco, dan Facebook.

Apple berseteru dengan FBI karena pihak Apple menolak permintaan FBI untuk membobol iPhone 5c milik Syed Rizwan Farook, salah satu pelaku penembakan di San Bernardino, California.

FBI yang tengah berusaha mendalami kasus penembakan tersebut, kesulitan mendapatkan informasi melalui ponsel iPhone milik Farook karena menggunakan kata sandi. Jika FBI salah memasukkan kata sandi sebanyak 10 kali berturut-turut, maka ponsel canggih tersebut akan mengaktifkan fungsi auto-erase, dimana data dalam ponsel tersebut akan terhapus secara otomatis.

Apple mengajukan banding karena yang dipermasalahkan bukan hanya membobol iPhone semata, namun Departemen Kehakiman dan FBI mencoba mencari kunci untuk membongkar privasi secara keseluruhan.

Apple selanjutnya akan menjalani persidangan melawan FBI pada 22 Maret mendatang.

(Arrahmah/WN)