Jangan Samakan, Tetapi Kuatkan

0
168
bekerja keras
Oleh : Nida Usanah

WahidNews, Manusia mempunyai akal untuk berpikir. Dan ini yang membedakan dengan makhluk lain. Akal ini lah yang membuat manusia dapat bertahan hidup dengan caranya sendiri. Jika ada manusia hidup tanpa menggunakan akalnya, maka diibaratkan hewan. Untuk itu gunakanlah akal kita dengan sebaik-baiknya.

Di zaman sekarang kompetisi sangatlah ketat, jika tidak bergerak cepat maka akan mudah sekali disingkirkan oleh yang lainnya. Hal tersebut membutuhkan energi lebih untuk melampaui kerasnya dunia ini.

Namun, tidak bisa dipungkiri rasa iri pada diri kita akan segera muncul tatkala orang yang berada di sekitar kita dengan cepatnya mendapatkan harapannya, berbeda dengan diri sendiri yang begitu lama namun tak kunjung berhasil juga. Ingatlah rezeki yang kita dapatkan sudah ada yang mengatur.

“Dia membuat perumpamaan untuk kamu dari dirimu sendiri. apakah ada di antara hamba sahayamu yang dimiliki oleh tangan kananmu, sekutu bagimu dalam (memiliki) rezeki yang telah Kami berikan padamu; maka kamu sama dengan mereka dalam dalam (hak mempergunakan) rezeki itu, kamu takut kepada mereka sebagaimana kamu takut pada dirimu sendiri? Demikianlah Kami jelaskan ayat-ayat bagi kaum yang berakal”  (Q.S Ar-Ruum : 28)
Dan dijelaskan lagi dalam hadits Rasullullah yang artinya, “ Tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang rezekinya akan bertukar karena Allah mengatur rezeki masing-masing makhlukNya.” HR Abu Dawud

Untuk itu, ketika melihat mereka yang dengan mudahnya dan mungkin begitu seringnya mendapatkan hadiah dalam lomba misalnya maka, renungkanlah. Mungkin kerja kerasnya lebih dari diri kita, atau mungkin itulah rezekinya sedangkan untuk diri sendiri besok belum waktunya.

Dan perlu diingat bahwa sesuatu ilmu yang dipelajari adalah mempresentasikan apa yang akan kamu dapatkan. Untuk itu, bersungguh-sunggulah pada ilmu tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, macam keberhasilan yang diperoleh pun berbeda.

So, percaya dirilah pada diri sendiri dan melakukan sesuai apa yang menjadi potensimu sekarang. Perbaiki dan tingkatkan lagi, karena keberhasilan apapun adalah gambaran dari perjuangan.