Anak Adalah Cerminan Orang Tua

0
408
anak sholeh

Oleh : Riska Kencana Putri

Beberapa hari ini ada anak tetangga yang main ke rumah. Rata-rata usia mereka di bawah lima tahun, sedangkan anak saya masih delapan bulan. Betapa terkejutnya saya ketika salah seorang dari mereka tiba-tiba masuk ke dalam kamar, dan yang sebagian lagi sibuk memperhatikan seisi rumah. Awalnya, saya memaklumi hal tersebut, karena bagaimanapun mereka masih kecil, rasa ingin taunya tinggi. Dengan menahan diri, saya ajak mereka ke ruang tamu. Saya jelaskan bahwa kamar bukan tempat bermain, lagi pula banyak mainan sudah disiapkan di ruang tamu. Mereka menurut.

Keesokan harinya terulang lagi. Mereka langsung masuk begitu saja ke kamar, dan keluar membawa mainan anak saya yang belum sempat saya rapikan. Spontan saya beristighfar menahan marah, karena bagi saya, kamar itu privasi sekali. Akhirnya setiap kali mereka ke rumah selalu saya awasi. Begitu mereka akan masuk ke kamar dengan segera saya larang dan saya jelaskan kenapa tidak boleh kesana.

Dear Ayah, Bunda…

Sesungguhnya anak merupakan cerminan orang tuanya. Mengapa begitu? Karena rumah merupakan sekolah pertama dan utama bagi mereka. Ayah adalah kepala sekolah, sedangkan bunda adalah gurunya. Karakter anak secara tidak langsung terbentuk melalui bagaimana didikan orang tuanya. Apakah terlalu keras atau terlalu bebas.

Anak yang suka berkata kasar pastilah sering mendengar kata-kata kasar dari kedua orang tuanya, atau bisa juga dari orang-orang yang tinggal di sekitar rumahnya. Anak yang suka memukul tentu belajar hal tersebut juga dari keluarga maupun lingkungan terdekat. Jangan dikira anak kecil itu tidak mengerti apa-apa. Justru mereka adalah makhluk yang cerdas. mereka bisa dengan cepat menyerap setiap informasi yang mereka dapat. Apalagi informasi yang terus diulang-ulang.

Kasus di atas hanya sedikit dari banyak potret keluarga muslim di masyarakat kita yang jarang memperhatikan pentingnya pendidikan akhlak pada anak. Sedari kecil anak memang harus ditanamkan akhlak yang baik serta akidah yang kuat.

Jadilah orangtua yang shaleh, yang mendidik anak sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Anak adalah cerminan orang tuanya. Jika anak baik, insya Allah ayah bundanya telah mendidiknya dengan baik. Jika anaknya bertingkah laku buruk, bukan semata-mata karena salah didikan, mungkin doanya kurang. Mari, kita bermuhasabah, sudahkah kita mendidik anak kita dengan baik?