Fenomena Foto Selfie dan Tasyabuh Bil Kuffar

1
655
selfi

WahidNews, Fenomena foto selfie – Pohon natal dan segala pernak perniknya memang sangat menarik untuk dilihat. Namun sebagai seorang muslim kita harus memahami bahwa pohon natal adalah simbol dari agama kristen, dan kita tidak boleh menggunakan simbol-simbol milik agama selain islam. Menggunakan simbol-simbol tersebut bisa membahayakan akidah seorang muslim.

Toleransi bukan berarti seseorang menggunakan simbol agama lain. Lakum diinukum waliyadiin. Begitulah yang Islam ajarkan. Islam juga melarang umatnya melakukan perbuatan tasyabbuh yaitu meniru suatu kaum. Di sinilah bahayanya jika seorang muslim menggunakan atribut atau simbol agama lain. Bisa masuk dalam kategori tasyabuh. Dan penyakit  tasyabbuh (menyerupai orang kafir)  sepertinya sudah mewabah dengan sangat cepat di kalangan kaum muslimin. Sehingga ummat Islam menjadi semakin lemah karena semakin jauh dari sunnah, semakin jauh dari akidah yang lurus, ibadah yang benar dan akhlak yang baik. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan akan bahayanya.

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِى جُحْرِ ضَبٍّ لاَتَّبَعْتُمُوهُمْ , قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ : فَمَنْ
“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim no. 2669).

Syaikhul islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, tidak diragukan lagi bahwa umat Islam ada yang kelak akan mengikuti jejak Yahudi dan Nashrani dalam sebagian perkara. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 27: 286.)

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash radhiallahu anhuma dia berkata: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا
“Bukan termasuk golongan kami orang yang menyerupai kaum selain kami.” (HR. At-Tirmidzi no. 2695)

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk darinya”. (HR. Abu Daud no. 4031 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah: 1/676)

Fenomena muslimah berjilbab yang selfie dengan latar pohon natal sungguh sebuah ironi. Walaupun mereka berjilbab lebar, namun saya berhusnudzon bahwa mungkin mereka belum mengaji lebih mendalam tentang aqidah Islam. Ilmunya belum sampai pada ilmu tentang larangan tasyabuh bil kuffar.

(Artikel kiriman dari Kartika dengan beberapa perubahan oleh admin)

foto selfie