UEA Desak Qatar Tutup Pangkalan Militer Turki di Doha

0
35
tentara qatar
Foto: Anggota Angkatan Bersenjata Qatar mengambil bagian dalam parade militer Hari Nasional selama perayaan di Doha 18 Desember 2012. (Reuters)

Istanbul (wahidnews.com) – Duta Besar Qatar untuk Turki mengomentari seruan Uni Emirat Arab (UEA) untuk menutup pangkalan militer Ankara di negaranya.

Dalam hal ini, Salem Al-Shafi mengaku aneh melihat UEA yang meminta pihak Ankara untuk menutup pangkalan militernya di Doha. Padahal di Abu Dhabi sendiri (ibukota UEA.red) banyak markas militer asing.

“Aneh melihat UEA, yang menjadi tuan rumah beberapa markas militer asing, menyerukan penutupan pangkalan Turki di Doha,” tuturnya pada Ahad (20/08).

“Selain itu, UEA juga ingin memotong hubungan pertahanan antara Qatar dan Turki, apakah UEA dan negara-negara sekutu memiliki berencana untuk melakukan intervensi militer?” tambahnya.

Terkait krisis yang ada, Al-Shafi pun memaparkan bahwa Doha telah menahan diri untuk tidak melakukan tindakan “balas dendam” dalam menanggapi blokade yang ada.

“Kami berharap mereka akan kembali beralasan. Kami percaya bahwa mereka pada akhirnya akan kembali melakukan dialog,” ujarnya.

Terakhir, dia juga menegaskan bahwa pemerintah Qatar menjadi anggota aktif di semua forum kontraterorisme. Namun kenapa malah dituduh mendukung terorisme.

[anadolu/kiblat]