Mengetahui Jam Sholat Dhuha

0
171
jam sholat dhuha

Alhamdulillah, sambil ngabuburit atau menunggu buka puasa, saya tuliskan artikel tentang waktu sholat Ishraq dan waktu sholat dhuha.

Apa bedanya sholat Isyraq dengan sholat dhuha? Sebenarnya hanya berbeda dalam waktu pelaksanaannya saja. Sholat Isyraq adalah sholat Dhuha yang dikerjakan pada awal waktunya. Ini bukan dua sholat yang berbeda. Disebut Isyraq karena hal itu dilakukan segera setelah matahari terbit (syuruq) saat matahari terbit sampai ketinggian tertentu.

Syaikh Ibn Baaz berkata:

Sholat Isyraq adalah sholat Dhuha yang dilakukan pada permulaan waktunya. [Majmoo ‘Fataawa al-Syaikh Ibn Baaz, 11/401]

Sedangkan Jam sholat Dhuha adalah sejak saat matahari terbit sampai ketinggian tertentu, sampai sebelum sholat dhuhur.

Syaikh Ibn ‘Utsaimin mendefinisikannya sebagai seperempat jam setelah matahari terbit sampai sepuluh menit sebelum sholat dhuhur. [Al-Sharh al-Mumti ‘, 4/122]

Jam Sholat Dhuha Terbaik

Adapun waktu terbaik shalat dhuha, sedikitnya ada dua hadits yang menyebutkannya:
أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Zaid bin Arqam melihat orang-orang melaksanakan shalat Dhuha (di awal pagi). Ia pun berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (orang yang taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Muslim)

Dalam hadits di atas disebutkan bahwa waktu terbaik untuk pelaksaaan sholat dhuha adalah ketika anak onta mulai kepanasan. Itu maksudnya ketika anak onta beranjak dari tempat duduknya karena hari sudah mulai beranjak siang dan panas. Wallahu a’lam bish showwab.