Tips Sederhana Supaya Selamat dari Jebakan HOAX

0
149
berita hoax

Wahidnews.com – Akhir-akhir ini banyak kita jumpai berita-berita hoax yang menyebar di dunia maya, terutama melalui Media sosial (Medsos). Sebenarnya, hoax bermunculan disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya yaitu ; 1. Karena Iseng, 2. Untuk menjatuhkan lawan politik, 3. Untuk menimbulkan keresahan masyarakat, dan lain-lain.

Dan saat ini hoax semakin giat diproduksi terutama menjelang pilkada DKI. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan lawan politik. Sehingga banyak media-media online berhasil membuat hoax dan membuatnya viral di medsos, bahkan media online arus utama pun bisa secara sadar atau tidak sadar telah ikutan memproduksi hoax, demi keberpihakannya pada salah satu pasangan calon gubernur.

Untuk tujuan politik, hoax yang dibuatpun sudah sampai pada level kebangetan, tidak masuk akal dan cenderung mengumbar fitnah. Kalau sudah semacam ini, kita harus meningkatkan kewaspadaan dalam menerima dan menelaah sebuah informasi. Jangan sampai kita ikutan terjebak menyebar berita-berita hoax.

Nah, Agar kita tidak mudah terjebak berita hoax, sebaiknya ikutilah tips-tips berikut ini :

  1. Think before share

Ketika menerima sebuah berita, jangan langsung ikut-ikutan menyebarkanntya. Think before share, berfikir sebelum menyebarkan. Ademkan pikiran, jangan emosial dan tergesa-gesa nge-share berita.

  1. Jangan baca judulnya saja.

Kebanyakan netizen mudah tersulut emosi atau langsung salah paham gara-gara membaca judulnya saja. Padahal kebanyakan media online saat ini dalam membuat judul sering mencari sensasi dan membuat penasaran pembacanya.

Kalau anda langsung ngeshare berita hanya dengan melihat judulnya saja, itu namanya sembrono. Baca konten dan pikir dulu bro….

  1. Selalu lakukan cek dan ricek

Rajinlah melakukan cek dan ricek sebelum menjadikan informasi yang kita terima itu sebagai referensi. Cek juga media lain, dan lihatlah bagaimana sudut pandang media tersebut terhadap informasi yang sama.

  1. Follow akun-akun medsos yang terpercaya

Pikiran akan tambah mumet dan ruwet kalau kita terlalu banyak menerima informasi hoax dari akun-akun yang doyan menyebar hoax. Sebaiknya follow akun-akun medsos media Islam yang terpercaya seperti akun wahidnews.com, kiblat.net, eramuslim.com, hidayatullah.com, islampos.com dan media islam lainnya. Follow juga akun medsos para tokoh islam seperti, Ustaadz Abdullah Gimnastiar, Ustadz. Arifin Ilham, Ustadz Tengku Zulkarnain, dan lain-lain.

  1. Manfaatkan fitur penyaringan informasi di media sosial

Setiap media sosial biasanya ada fasilitas untuk menyaring informasi, termasuk menyaring keyword. Manfaatkan saja fitur ini supaya otak kita tidak terkotori oleh informasi-informasi yang menyesatkan dan hoax.

Itulah tips-tips paraktis dan sederhana dalam menangkal jebakan hoax. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar kita terhindar dari jebakan hoax. Karena meskipun kita sudah berhati-hati dalam menyaring informasi, kadang kita juga masih terjebak menjadi penyebar hoax. Untuk itulah, jangan lupakan doa. Wallahu a’lam bish showwab.

 

by : ilham